22.2.10

menu lagi kaya


saat kondisi keuangan sedang bagus-bagusnya, kulkas saya akan terisi dengan banyak bahan makanan yang lebih istimewa dari biasanya. kalau standarnya cuma belanja ikan pindang (cue) atau kembung, maka saat sedang agak makmur saya belanja ikan bawal laut. 
yang belum pernah belanja ikan bawal, jangan sampai keliru dengan ikan bawal darat yaa... moncong bawal darat agak agak monyong dengan warna kulit kehitaman. sedangkan bawal laut lebih cakep dengan kulit yang lebih putih pula, hehehe. yang jelas, harga bawal laut lebih mahal daripada bawal darat.
di pasar minggu pekan ini, ikan bawal laut dibanderol Rp.30 ribu- Rp. 40 ribu per kilogramnya. pokoknya, jangan capek menawar dan jangan capek berbecek-becek muter-muter lapak ikan untuk mencari yang terbaik dan termurah. hehehe...

ikan bawal laut ini paling enak dibakar, tapi digoreng biasa saja pun rasanya sudah enak. diolah lagi dengan macam-macam bumbu jelas lebih enak lagi. salah satu yang sudah diuji coba di dapur saya adalah bawal bumbu acar. ini dia resepnya:

bahan
- ikan bawal laut 0,5 kg



*ikan bisa dipotong-potong atau utuh (yang penting semua kotoran sudah dibuang lah yaaa). beri perasan jeruk nipis dan garam secukupnya, diamkan sekitar 10 menit lalu goreng , tapi jangan terlalu kering. supaya ikan nggak lengket di wajan, pastikan wajan sudah panas dan nyala api jangan terlalu besar.

bahan acar
- wortel dirajang bentuk stik
- ketimun, ambil daging luarnya saja, rajang bentuk stik lalu diremas dengan garam sampai layu, jangan lupa dicuci lagi biar nggak keasinan yaa...
- cuka setengah sendok makan
- daun jeruk

bumbu (ulek) halus
- bawang merah 4
- bawang putih 2
- kemiri 3 butir
- kunyit
- garam
- gula

cara bikin
> tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng
> setelah bumbu harum, masukkan wortel, aduk sampai rata
> masukkan ketimun, beri sedikit air (oiya, sebenarnya yang enak sih dikasih santan. tapi
berhubung saya sedang males memarut, jadi cukup dikasih air)
> tambahkan cuka dan daun jeruk
> masukkan ikan bawal yang sudah digoreng, tunggu sampai air hampir mengering.
> santap!


 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...