22.2.10

menu lagi melarat (2)




*sop*

ada yang nggak tahu bumbu standarnya sop?? kebangeten! hehehe... maap, abis emang kebangeten sih. sop kan sayur yang minimalis. bumbu standarnya aja cuma bawang putih dan lada dan (kalau ada) tambahkan biji pala. masalahnya, sop yang sedap biasanya berasal dari jasa kaldu yang sedap pula. dan kaldu yang sedap adalah daging yang segar. tapi gimana mampu beli daging atau ayam saat tanggal tua??
eits, jangan buru-buru menyerah dan lari ke kaldu artifisial dulu jeeengng. masih ada cara murah meriah lagi buat menghasilkan kaldu enak. tak lain tak bukan adalah tulangan! hehehe... di pasar minggu, dengan 5 ribu perak kita sudah bisa dapat tulang sapi yang cukup untuk menghasilkan kaldu sop untuk tiga kali makan untuk dua orang. tapi membeli tulangan mesti cerewet juga, pilih tulangan yang bagus, yang ada dagingnya. tukang dagingnya juga bisa dirayu dikit supaya menambahkan beberapa tetelan alias lemak yang bisa menambah gurih kaldu.

untuk komposisi sayurnya, biar nggak bosen karena begitu lagi begitu lagi, coba deh tambahkan oyong as known as gambas. ini sayur murah meriah kok. di pasar minggu, seribu perak udah dapat satu kantong berisi sekitar 8 oyong.



oiya, siapkan juga sambel kecap ya biar huhh hahh makannya.

meski lagi melarat, supaya makan makin nikmat jangan lupakan bangsa kerupuk. saya kebetulan punya stok peyek teri yang lumayan bisa menambah selera makan. resep peyeknya menyusul yaa... draf tesis saya sudah mangkrak dari tadi (mana listrik PLN byarpet melulu), suami saya juga belum disiapin makan malamnya. ohya, semoga inggit yang sedang melekan njagani pansus century di senayan sana nggak lupa makan malam^))



4 comments:

  1. Huhuhu...sopmu marai ak ngiler...teringet wortel menggiurkan di kulkasku dan bakso yang belum tersentuh karena nungguin pansus terus sampe malam...

    Tau ga, kmrn, saking capeknya setrika sak nggunung, akhirnya ga sempet masak...yg paling cepet bikin jengkol tokok! Hahaha...ojo ngenyek, ak karo bojoku doyan jengki...wakaka...nantikan ceritanya :p

    ReplyDelete
  2. menu lagi melarat (2)itu favoritku juga...
    aku mau tulis resep2 ku juga ah, di dapur tiga istri hihihi...

    ReplyDelete
  3. menu yang lebih melarat lagi dong! nasi sambel tok semisal.

    ReplyDelete
  4. totok: sekalian 4 istri aja pak biar afdol, hehehe *piss
    vina: sambele koyok lalapan ndek dieng yo nat. aduuuh jadi rindu ke malang...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...