15.4.10

orek warteg

inilah makanan yang pasti ada di setiap warteg: orek tempe. biar kata makanan ini cuma berbahan dasar tempe, tetapi  penggemarnya banyak banget lho. apalagi harganya tergolong murah-meriah. dengan Rp 2 ribu saja, mbak warteg dekat rumah orang tua saya di pasar minggu, tanpa pelit-pelit menyendokkan orek sebanyak-banyaknya, cukuplah buat tiga kali makan buat saya.

saya jadi ingat di awal tahun 2008 lalu, saat harga kedelai melambung tak masuk akal, tempe menghilang dan 'mlijo' alias tukang sayur langganan saya saat masih tinggal di pejaten timur turun ke jalan (untuk berdemonstrasi maksudnya). saat itu, orek tempe pun menjadi makanan mewah. ikan, daging dan lauk pauk keren-keren lainnya jadi terasa membosankan. orek tempe pun dirindukan. baca saja di sini kalau tak percaya.



kembali ke dapur saya. bumbu orek itu paling mudah diinget: cukup bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, gula. jangan lupa irisan cabe merah, kecap, sedikit asam jawa, daun salam, dan yang suka manis bisa ditambahkan lebih banyak kecap atau gula merah. ada berbagai macam versi memasak orek, ada yang bumbu-bumbunya cukup diiris-iris, ada pula yang diulek. tapi percayalah pada saya, orek tempe dengan bumbu halus diulek lebih nikmat dan lebih terasa sedapnya meski tanpa penyedap rasa. dan meski tempenya tak baru lagi. hehehe.. (sama seperti inggit, saya juga hobi nimbun bahan makanan di kulkas).


*tempe umur 3 hari dalam kulkas nih


nnah, tempe bisa diiris panjang bentuk stik, atau kotak-kotak, segitiga, jajaran genjang, trapesium, limas... apa saja, hehe... kalau di pasar minggu (saya tidak tahu di pasar-pasar lain), biasanya abang tukang tempenya rela mengiriskan tempe buat pembeli tempe grosiran alias bukan cuma sebatang seperti saya. tempe yang sudah diiris itu kemudian digoreng setengah matang, angkat dan sisihkan.



cara masaknya, ya tinggal haluskan bawang merah putih, kemiri, garam dan gula. bumbu halus itu ditumis dengan irisan cabe merah, daun salam, dan irisan gula merah. kalau sudah harum, masukkan tempe yang sudah digoreng setengah matang tadi, tambahkan kecap, aduk rata, tuangkan sedikit air supaya tidak gosong. jangan lupa juga dengan asam jawanya ya, sedikiiit aja. rasa segar dari si asem itu lho penyebab orek tempe ini bikin ketagihan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...