24.4.10

selimut yang krenyes krenyes itu

setiap kali menghidangkan makanan berselimut alias makanan dengan tepung bumbu (seperti ayam, udang, atau calamari), wajah suami saya pasti berubah curiga. "ini tepung bumbu beli ya?" tanya dia. kalau diiyakan, maka dia akan sedikit kecewa meski tetap dilahapnya juga itu makanan. kalau tidak diiyakan ya nggak mungkin, karena memang itu yang saya pakai.

sambil mencemil makanan berselimut itu, biasanya suami saya akan menceramahi saya tentang bahayanya makanan kemasan yang kita nggak tau persis komposisi pengawet, penguat rasa, dll yang bagi ibu hamil seperti saya mesti dijauhi sejauh-jauhnya.

lalu dia akan bertanya dengan halus dengan nada merayu dengan nada meminta. "eh kenapa nggak bikin rabuknya sendiri aja?" yang dimaksud rabuk adalah adonan tepung. "tempe rabuk sampean itu lho enak," rayunya merujuk pada tempe mendoan yang sering saya suguhkan buat dia.



baiklah, baiklah. dia menantang saya.

dan pada minggu pagi yang sedikit mendung dan freezer saya masih menyimpan sebungkus cumi-cumi, ketika suami saya masih pulas karena begadang di depan laptop, saya sudah heboh sendiri dengan google dan isi dapur. googling, tentu saja untuk mencari resep calamari yang tepungnya bisa dibikin sendiri. ada berbagai versi rupanya, ada yang pakai tepung roti, tepung maizena, tepung terigu, dll. demikian juga bumbunya yang macem-macem. pilih yang mana ya?

di dapur saya, cuma ada tepung terigu dan tepung kanji atau sagu. yah sudahlah, saya eksperimen sendiri saja. pertama, cumi dibersihkan, tintanya dibuang, kulit arinya dikupas, lalu dipotong kira-kira 1,5-2cm, sesuai selera deh. selanjutnya, ulek sedikit bawang putih, lada, dan garam. cumi direndam dengan bumbu ulekan tadi, ditambah sedikit soda kue. diamkan sekitar 30 menit.

tepung bumbunya? nah lagi-lagi saya mengolah apa yang ada di dapur saja. tepung terigu semangkok, ditambah 3 sendok sagu dan garam. karena saya nggak punya merica bubuk, lagi-lagi saya mengulek lada bulet, kali ini saya campur dengan cabe merah kering. tinggal aduk tepung, garam, lada dan cabe bubuk tadi,  jadilah tepung bumbunya.

cumi kemudian dicemplungin satu persatu ke dalam tepung itu, lalu dicelup ke putih telur, lalu celupkan lagi ke tepung bumbu, diamkan sebentar, lalu goreng. memasak calamari ala amatiran seperti saya tentu mesti sabar banget karena prosesnya agak lama, sementara melahapnya bisa sekejap saja.

begitu matang, suami saya nyengir-nyengir senang. "wah ini lebih enak, lebih krenyes-krenyes." kalau sudah dipuji begitu, rasa capek berkutat di dapur pun hilang seketika. dan rasanya jadi pengen selalu nyoba resep baru setiap harinya. hehehe... lagaknya.

.
Ps.
maaf yah foto-foto calamarinya nggak ada. saat saya masak si calamari, saya lupa mengabadikannya pakai kamera. jadi sebagai gantinya, saya pasangin foto udang selimut, yang resep tepung bumbunya sami mawon dengan si calamari.

 karena saya simpen semaleman di kulkas, jadinya begini wajahnya

tapi soal rasa, sama maknyussnya kok^))



.

1 comment:

  1. tepung terigu yang kita pakai kan juga pakai pengawet ya, xD

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...