5.5.10

sayur pakis (artifisial), hiks...

tiba-tiba saya pengen sayur pakis. tapi di mana bisa ngedapetinnya? di jakarta, si sayur kriting itu kok seperti harta karun. selama belanja di beberapa pasar tradisional ibukota, belum pernah saya nemu si pakis idaman. sementara dulu di trawas, tempat tinggal saya dulu yang berada di antara gunung welirang dan penanggungan, kalau mau nyari pakis tinggal jalan ke warung saja.

maka ketika tiba-tiba saya pengen sayur pakis, saya cuma bisa ngayal saja. yang jadi obyek khayalan saya itu adalah seikat daun singkong yang rencana awalnya mau saya tumis. sepertinya daun singkong ini bisa diakal-akalin:-)

daun singkong direbus sampai empuk. setelah ditiriskan lalu diiris-iris,
 

saya siapkan bumbu halusnya: bawang merah, bawang putih, cabe merah, kemiri, gula, garam. bumbu halus ditumis sampai harum, tambahkan lengkuas yang sudah dimemarkan, masukkan daun singkongnya, aduk-aduk lalu tuangkan santan dan aduk-aduk lagi.

*santannya beku karena diinepin di kulkas:-)


aduk-aduk sampai mendidih. sesekali diicip juga boleh. supaya makin sedap, bisa ditambahkan teri medan.



sebenarnya nama masakan ini adalah gulai daun singkong. tapi di lidah saya, ini adalah sayur pakis. dan suami saya pun takjub bukan kepalang karena lauk ini membuat saya yang biasanya susah makan, mendadak nambah nasi sampai 2 piring :-)
.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...