2.6.10

ORANGE JELLY...


Saya pengen banget belajr bikin kue-kue basah atau yang bakar-bakar. Cetakan cup cakes masih nganggur. Oven belum jadi dibeli…hiks…tapi tak putus asa. Coba saja buat jenis penganan lain dengan perlengkapan yang ada. Jadilah “Orange Jelly” ini. Sekalian nyoba cetakan agar-agar lucu yang dibeli saat cuti ke Jogja bulan lalu ;)


Di rumah, kami memang masih berdua saja. Belum ada anak kecil yang mungkin suka dengan makanan yang bentuknya lucu-lucu. Entah kenapa, saya pengen banget buat agar-agar yang bentuknya lucu. Enggak Cuma pake cetakan bundar atau persegi yang pas makan Cuma dipotong-potong. Akhirnya, ketemulah cetakan plastic ini. Bentuknya lumayan lucu, ada bentuk kura-kura, mobil, kepala panda…hehe…
Tadinya, pengen buat agar-agar coklat. Bubuk coklat V*n Ho***n udah dibeli. Eh, ternyata, setelah melihat stok bubuk agar-agar, baru sadar kalau saya salah beli. Kebelinya agar-agar hijau dan orang. Pas ke pasar, terpikir membuat agar-agar hijau itu, dengan daging lengkeng di dalamnya. Olala, ternyata lengkeng lagi mahal banget, 27.000 per kilo. Enggak jadi deh…hehehe…akhirnya milih beli jeruk aja :p suami saya juga doyan banget jeruk. Pasti dia suka!!!
Membuat agar-agar mungkin paling simple ya diantara jenis penganan lainnya. Yang bikin penasaran itu bagaimana mengkreasinya menjadi makanan dengan tampilan yang ga STD alias standar. Tapi jujur saja, untuk urusan kreativitas hias menghias atau menemukan inovasi untuk perkuean, saya masih sangat amatiran. Akhirnya, jeruk itu saya kupas kulit arinya, sampe tinggal dagingnya saja dan ditaruh lah di cetakan lucu itu. 
 potongan daging jeruk sebelum disiram adonan agar-agar :)
Setelah agar-agar mendidih, baru deh dituang ke cetakan. Jangan panas-panas dimasukin ke kulkas ya…katanya sih, ga bagus buat kulkas kalo makanan panas-panas langsung dimasukin. Tunggu aja 15-20 menit sampe agak menghangat, baru didinginkan di kulkas. Rasanya lumayan juga, seger!! Hehe…
Jadi kepikiran, kalo kumpul ponakan, pengen bikinin agar-agar lucu ini…pasti suka ya?? Suami saya aja yang segede itu suka, apalagi anak-anak…hahaha…Anda suka?? Kalo punya resep or kreasi agar-agar, bisa dibagi disini yaaa….



1 comment:

  1. Yummy jelly please also share recipe but in simple language so that it would be easier for us too to name them perfectly. Thank you

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...