12.10.10

daaan... saya pun membuat kue



setelah euforia akibat oven baru hadiah dari Ara yang sempat mangkrak beberapa hari karena tak punya mixer, akhirnya jadilah saya membuat kue juga. tentu saja, kue yang saya bikin adalah kue yang tidak memerlukan mixer. pilihannya jatuh pada kue kacang. saya tidak tahu nama resminya apa, tapi karena kue ini mengandung kacang tanah, jadilah saya sebut saja dengan kue kacang. kue ini mudah ditemui di toko kelontong di sekitar kontrakan saya dulu di daerah ragunan dengan harga satuan lima ratus perak. kue itu juga makanan ngidam saya waktu hamil dulu loh. hampir setiap hari saya beli kue itu, paling sedikit enam buah, dan saya makan sendirian. hehehe...

bersama ibu saya, mulailah saya menyiapkan bahan-bahannya: terigu 1/2 kilogram, gula halus 250 gram, minyak goreng seperempat liter, sedikit garam. lalu mana kacang tanahnya? hehe... karena di kulkas ibu saya tersimpan biji kenari yang cukup banyak, jadilah peran si kacang diganti dengan kenari.


kenari (ataupun kacang) mula-mula disangrai sampai warnanya kecoklatan dan menguarkan harum. selanjutnya, kenari diulek kasar (kalau pilihannya kacang tanah, maka jangan lupa untuk mengupas kulitnya saat kacang masih hangat setelah disangrai).

sementara itu, siapkan adonan tepungnya: aduk terigu dengan gula halus dan sedikit garam.

kalau sudah merata, masukkan kenari (atau kacang) yang sudah diulek kasar.


langsung tuangkan minyak gorengnya. oiya, bukan bermaksud ngiklan nih, tapi berdasarkan pengalaman ibu saya, untuk membuat kue ini, minyak goreng merek b****i yang paling bagus untuk campuran adonannya.

langsung saja adonan tepung, gula halus, kenari (atau kacang) ini diuleni pakai tangan sehingga tampilannya seperti ini.


nnah, kalau adonannya sudah jadi, tinggal giling dan cetak saja dengan bentuk semau kita. karena saya masih pembuat kue amatiran yang tak punya peralatan lengkap, maka jadilan tutup botol vitamin saya pakai sebagai cetakannya. hehehe...


jangan lupa siapkan loyangnya dan olesi margarin tipis-tipis.


sambil memanaskan oven, susun kue yang telah dicetak.


jangan lupa juga untuk mengolesi permukaan kue dengan kuning telur yang telah dikocok. ini yang membuat kue jadi kinclong saat matang nanti.

yak! masukkan dalam oven dengan temperatur 160 atau 170 derajat celcius.

mengacu pada petunjuk membuat cookies, maka timer oven disetel selama 20 menit. tapi ketika 20 menit berlalu kok sepertinya kuenya belum matang, akhirnya saya menambah waktunya 15 menit lagi, dan hasilnya ternyata...

pantat kuenya menjadi gosong saudara-saudara! hahahaha...
rupanya 35 menit itu sangat berlebihan, dan membuat satu loyang kue kenari (kacang) berubah jadi biskuit o*eo. hahaha...



baiklah, belajar dari panggangan yang pertama, maka di loyang kedua, saya memasang timer 20 menit saja. kali ini saya berhasil.

jadilah kue kacang, eh kue kenari maksudnya, yang legit gurih, renyah dan cantik:)

1 comment:

  1. piq, piq, ovenku nek kene tak gawe manasi banyu karo ngangeti babi.

    hepi imoedz

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...