26.10.10

Judulnya “AYAM LADA HITAM”

Waaa…judul makanannya keren yaa…hahaha…awalnya, membayangkan hasilnya bisa kayak yang di resto-resto itu :D rasanya not bad, walau lebih MIRIP SEMUR, tapi warnanya hitam dan agak pedes…

Ceritanya gini…



Udah sekitar sebulan lalu sih. Pas lagi nemenin seorang sahabat SMA, Sasi, yang kebetulan lagi ada pendidikan di Jakarta. Ke Ambas, sekalian ke Ca******r. Nah, tergoda ngeliat ke bagian daging ayam. Hohoho..saya tergoda melihat dada-dada ayam yang tampaknya sedap. Belum tau mau diapain. Sasi menyarankan, beli ayam kampung aja, kan lebih sehat. Hmmm..jujur aja, saya enggak terlalu suka ayam kampung..hehe..kayaknya lebih alot (atau saya yang ga bisa ngolahnya ya?). So, pilihan tetap ke ayam broiler. Plung! Masuk keranjang belanjaan.


Berhubung pengen masak yang agak keren dikit, saya bergeser ke rak “perbumbuan”. Maaf ya, saya lagi malas mengolah dengan bumbu yang dibikin sendiri :D so, berniat beli bumbu instant. Berharapnya, dengan melihat berbagai bumbu instant, ada ide, tu ayam mau diapain…Pilihannya : ada gulai, rendang, opor, dan…lada hitam!! Ahaaa…liat cara masaknya, gampang juga ga ribet…hehe…gitu latar belakang sampe jadi makanan ini ^_^


Nih dia caranyaaa…


Pertama, ayamnya diungkep dengan bumbu instant lada hitam (saya lupa mereknya, lagipula ga baik ya berpromo gratis disini…hahahaha). Saya pake dua bungkus. Mikirnya, pasti bakal lebih ngeresep dan bumbunya lebih manteppp. Saya diemin di kulkas kurang lebih semalam (ngungkepnya malem).
Besok paginya, tu ayam saya olah.

Tambahan lainnya, irisan bawang Bombay.

Next, tumis satu sendok makan mentega, masukin bawang Bombay.


Setelah itu, ayam yang udah diungkep dan berbumbu. Tambah sedikit air untuk mematangkan ayam. Kalo ayam dikira-kira udah mateng dan bumbu mengental, angkat deh!!


Gampang ya? Yaelah…saya juga belum mau bikin masakan yang ribet-ribet…hehe..Ini dia tampilannya…


Kalo ini tampilan saat dijadikan “bontot” makan siang :p


Ayo dicoba!! (kapan-kapan, saya coba pake bumbu yang ga instant ya..pasti lebih mantep rasanya :D)

by : dapur inggit

2 comments:

  1. kyknya enaaak neee

    ^_^

    boleee deh dicobaa....

    ReplyDelete
  2. boleh cicipi dikittttttt :D

    E

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...