17.10.10

Tawar Kering “Setengah Kering”

Harus diakui, barang baru memberi semangat baru!! *dedicated to my classic oven*
Ini cerita tentang kue perdana untuk men-trial oven H*CK baru yang masih “anget” banget jadi penghuni dapur mini saya. Hehe..Judulnya sih “Roti Tawar Kering”.
Resepnya dapet dari sebuah buku camilan ke kering yang saya beli beberapa waktu lalu. Kebetulan, yang ada di rumah bahannya Cuma roti tawar. Untuk “pemanasan” si oven, ga ada salahnya lah, dicoba…

Bahannya gampang aja kok :

• Beberapa lembar roti tawar (sesuai kebutuhan aja, mau berapa banyak). Nah, roti tawarnya bisa dipotong petak-petak atau dicetak dengan cetakan kue…Kali ini, saya pake cetakan kue “love” dan “bulan sabit” yang 1000-an, baru beli di pasar tadi pagi…ternyata, nyetakinnya lama juga, dan bikin roti tawar jadi agak lebih tipis karena ketekan. Akhirnya, beberapa lembar roti tawar saya potongin petak2 biasa aja…hehe…>> NOTES : saya pake roti tawar "S**I R**I", kayanya terlalu lembut untuk dibikinan penganan kayak gini...mgkin roti tawar yang teksturnya agak kasar lebih cocok..

• Susu putih kental manis, secukupnya…tergantung banyaknya roti. Nah, susu kental manisnya dicampur dengan SAOS SAMBAL…tadinya mikirnya aneh…kok susu dicampur saos tu rasanya gimanaaa..setelah dicolek, enak juga :p

• Keju parut (dicampur dengan campuran susu+saos. Berhubung tadi nyari keju batangan pada abis, akhirnya saya pake yang ada di kulkas : keju slice diiris2..)

Nah, lo…cara bikinnya lebih gampang lagi…cocok deh, buat yang rada males ribet, tapi pengen bikin cemilan sendiri ^_^ :

• Roti yang udah dicetakin tadi, diolesin dengan saos campuran susu+saos sambal, kejunya bisa ditabur diatas atau dicampur dengan saos itu
• Setelah itu, susun aja di atas Loyang yang sudah beroles mentega


• Panggang deh!!! Lama manggang, ikuti kata hati aja, mau berapa lama :p

Ini satu pengalaman yang harus saya ceritakan. Berhubung oven saya oven jadul yang seharusnya “berjodoh” dengan kompor minyak, jadi ketika saya “jodohin” dengan kompor gas mini, agak janggal juga merasakan panasnya. Karena, enggak tau kenapa, kok malah berasappp..tapi lama2 asapnya ilang juga sih…akhirnya, untuk menentukan akhir pemanggangan, ya kira-kira aja…karena hawa di dapur udah terasa panas banget.

HASILNYAAAAAA : SETENGAH KERING!!! Hahaha..bagian bawahnya sih agak kering. Tapi atasnya (menurut suami saya) kurang kering :p


Tak apa lah, (katanya) enggak ada noda, ya enggak belajar!! Semangat!! Ayo coba…

by : dapur inggit

4 comments:

  1. sipppp. yang mura meriah begini cocok jadikan bekal ke tempat kerja, dimakan rebutan.

    ReplyDelete
  2. halo mbakk...betuuulll...bikinnya gampang, cepet dan makannya langsung leepp!! hahaha

    ReplyDelete
  3. mba kejunya dipanggang kog gak meleleh ya?

    ReplyDelete
  4. haloo bundarizah, maaf baru baca komennya ni :) kejunya kan keju cheddar, bukan yang melt, jadi ga leleh :) Inget kue kering keju kan? kalo dikasih keju parut juga ga leleh, tapi mengeringkan, hehe

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...