15.10.10

ulukeuteuk leunca nan murah meriah


ini dia masakan yang paling murah meriah tapi bikin nambah terus: ulukeuteuk leunca. gimana nggak murah, modalnya nggak sampai lima ribu perak! bahan dasarnya cuma oncom yang sepotongnya lima ratus perak dan leunca yang juga lima ratus perak saja sudah dapat banyak. murah meriah banget kan? cocoklah untuk mengatasi krisis isi kulkas di tanggal tua.

untuk jadi lauk tiga kali makan buat dua orang, saya biasanya memakai dua potong oncom saja. ohya, sudah tahu kan cara memilih oncom yang bagus? soalnya saya pernah beli oncom nyaris busuk dan saya nggak tahu kalau oncom itu sudah beracun. untung saja ketahuan sama ibu saya, kalau enggak, waduh bisa-bisa saya masuk ruang gawat darurat.



selain dari baunya (kalau sudah kadaluarsa, tentu baunya menyengat), patahkan oncom untuk melihat bagian dalamnya. oncom yang bagus, bagian dalamnya tidak berwarna hitam.



enaknya masak oncom adalah nggak susah bahannya dan nggak susah bikinnya: tinggal tumis aja irisan bawang merah putih, cabe merah, cabe rawit, dan cabe hijau (kalau ada), daun bawang. kalau harumnya sudah menguar, masukkan oncom yang sudah dihancurkan, beri garam dan sedikit gula. aduk-aduk terus sekitar sepuluh menit. begitu oncomnya hampir matang, baru ditambahkan leunca-nya, aduk-aduk sebentar dan jadilah. jangan sampai leunca ini kelamaan dimasak karena akan terasa pahit.

*maap leunca-nya keriput

buat saya, makannya yang paling enak adalah dengan nasi putih hangat dan tanpa ditemani lauk pauk lain supaya bisa fokus dengan rasa oncomnya, hehehe...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...