23.12.10

KOLPIS a.k.a kolak pisang

Iyap! Yang satu ini kegemaran saya dan suami : KOLPIS alias kolak pisang. Bikinnya gampang dan cepet. Enggak perlu nunggu lama untuk dilahap.. Pas puasa kemaren, lumayan sering bikin kolpis dengan campuran kacang hijau atau kolang-kaling. Tapi, terakhir saya bikin ga pake campuran apa-apa, karena punyanya hanya pisang, hehe…


Bikinnya gampang kok, ga pake ribet. Bahannya cuma santan (kalo mau instant, pake santan yang langsung jadi aja), pisang, kayu manis, gula merah, garam (secukupnya). Nah, untuk santan, sejujurnya emang enaknya pake santan yang dari kelapa asli. Tapi pake santan instant juga enak kok :D Kalo pisangnya, tergantung sukanya aja. Saya? Suka sekali pisang tanduk!! Rasanya asam-asam manis gitu ya…trus tekstur daging pisangnya juga sedap :D

Mari kita mulai! rebus aja santannya, kalo bisa diaduk terus, biar ga pecahh santannya. Gula merahnya juga sekalian dimasukin plus ama kayu manis, garam. Kalo kurang manis, bisa ditambah gula putih. Masukkan pisang, trus ditunggu aja sampe kira-kira mateng yaaaaa…


Jadi deh! Gampang tho...gampang tho...Dimakan dengan tehh anget, pas hujan, di teras rumah, sambil ngaso, sedeeeepppp tenannnn….


by : dapur inggit

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...