29.12.10

macaroni "MITUN" schotel...not bad!

menuliskan cerita ini di tengah ke-dag-dig-dug-an menyaksikan pertandingan final AFF 2010. nambahin "not bad", karena permainan Timnas juga "not bad"..walau belum beruntung :D ini dia, cerita tentang "MACARONI MIE TUNA SCHOTEL"...

sebelum ke directionnya, simak cerita saya dulu ya, hehe...resep schotel ini saya dapet dari winda, teman SD dan SMP yang sekarang sedang menetap di kopenhagen, denmark. ceritanya, pas liputan Konferensi Perubahan Iklim PBB di kopenhagen akhir tahun 2009 lalu, saya mampir ke rumahnya di vanlose. di tengah musim dingin, merasakan suasana hangat bersama rekan senegara rupanya begitu menyenangkan dan ga terlupakan (uhuyy!!). nah, pas kesana, winda menyuguhkan macaroni schotel pake tuna buatannya. hmmm, sedap betul. setelah setahun memendam keinginan membuatnya, baru hari ini dilakukan. itu pun setelah tadi malam winda membalas YM dan berbagi resepnya :D thanks, win!!

well, mulai ya..bikin macaroni ini ternyata menyenangkan lo. bisa berkreasi sesuka hati :D mumpung libur, pagi tadi ke pasar beli2 kebutuhan. pertama, beli loyang yang bisa masuk oven yang ada. maklumlah, saya lebih memilih punya oven klasik, hehe...enggak punya pinggan kaca juga..kedua, beli macaroni. harusnya sih beli macaroni yang panjang-panjang dan agak gede. tapi ternyata enggak ada di pasar dan swalayan kecil deket rumah. solusinya?

biar macaroni tetap padat, saya pake mie spaghetti yang ada di rumah dan macaroni kecil yang biasa buat sup yang kebetulan ada stok juga. bahan selengkapnya (ukurannya dikira-kira aja ya, hehe..disesuaikan dengan ukuran loyang) :

- macaroni + mie spaghetti
- 1 buah bawang bombay, diiris
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 3 butir telur (kocok)
- susu cair (UHT)
- tuna kaleng
- keju (yang melting lebih oke)

 ini dia bahan-bahannya...
TAHAPAN masaknya :
  • rebus mie + macaroni secara terpisah. biar enggak lengket, kasih minyak goreng dikit. setelah matang, tiriskan.
  • iris bawang bombay, bawang putih, ditumis dengan tuna sampai layu. biar makin gurih, numisnya pake margarine lebih enak...setelah layu, masukkan susu, tunggu sampai mendidih dan mengental.
irisan bawang bombay, bawang putih, tuna...

tumisan bumbu2 (kiri) dan setelah dimasukkan susu (kanan)

  • oya, sambil nunggu kental, jangan lupa lapisi loyang dengan aluminium foil yaa...biar ga lengket. kalo enggak juga gpp sih :)
 before and after :D
  • susun SEBAGIAN pasta (mie+macaroni) di loyang...
"penampakan" pasta yang disusun di loyang

  • setelah tumisan mengental, matikan kompornya. masukkan kocokan kocokan telur. aduk sampai tercampur rata. tuang sebagian di atas susunan pasta yang sudah tertata di loyang. taruh taburan keju. susun lagi SISA pasta di atasnya, siram lagi dengan sisa krim yang tadi....akhirnya, tutupi atasnya dengan keju (saya lebih suka kejunya diiris daripada ditabur. biar meltingnya lebih oke :D)

  • sudah!! panggang dehhhh...
panggang sampe kejunya meleleh yaaaa...kira-kira 20 menit lah...

  • ini penampakannya setelah mateng dan siap disantap :D

horeeeeeeeee....berhasiiilll...rasanya? kata wak arie sih, "enak git!!," katanya. tau ga, empat potong langsung abis disantapnya :D jangan lupa, menyantap schotel paling enak dengan saos sambal...selamat mencoba!!!


by : dapur inggit
*teman nonton final leg dua INA vs MAL..biar ga dapet piala, tetep semangat ya!!*

6 comments:

  1. Terimakasih...
    Sangat terinspirasi resep2nya buat ibu rumah tangga spt saya...
    Jangan Bosan2 Membagi Ilmunya ya mba.....^_^

    ReplyDelete
  2. halo mbak..(kok "anonymous" ya? hehe) ..thanks udah mampir yaaa..kalo ada resep yang bisa dibagi boleh juga llooo :D

    ReplyDelete
  3. waduw,, maknyusss
    mbak ak juga punya resep versi ndesonya nie.. hehe
    sekutel mie jamur...
    -mie instan
    -sayuran
    -bawang merah-pth
    -telur

    mumpung punya loyang baru kan mbak.. hehe
    cm pake mie instan goreng, direbus,, trz ditiriskan.. habis itu dicampur sayuran yg sudah diiris dadu (wortel, jamur, kentang juga boleh)..
    bumbunya pake bumbu asli dari mienya juga boleh, trz dikasih irisan bawang merah + putih
    kemudian dicampur bersama telur (kl mienya 2 bungkus, telurnya 3)..

    campuran itu tadi dimasukin loyang trz dikukus ampe mateng.. dan setelah dingin di potong kcl2 lalu digoreng (dibalur telur yang udah dikocok dl)
    bisa buat arisan..hehe
    yg ngajarin ibuku dulu..

    ReplyDelete
  4. Yena, makasih ya resepnya...oke juga tu...tar ak coba deh :)

    ReplyDelete
  5. inggid,,,pengen nyobain juga nie,,,,secara baru belajar masak juga,,

    ReplyDelete
  6. salam kenal ya mb sy mira, subuh2 browsing ehketemu blog ini lgsg ngiler liat macaroni Mitun nya . jd tergiur utk bikin, blh tny ya mb, satu adonan ini pakai brp kaleng tuna? jdnya loyang brp kah? tks byk ya mb Inggried

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...