22.2.10

menu lagi melarat (2)




*sop*

ada yang nggak tahu bumbu standarnya sop?? kebangeten! hehehe... maap, abis emang kebangeten sih. sop kan sayur yang minimalis. bumbu standarnya aja cuma bawang putih dan lada dan (kalau ada) tambahkan biji pala. masalahnya, sop yang sedap biasanya berasal dari jasa kaldu yang sedap pula. dan kaldu yang sedap adalah daging yang segar. tapi gimana mampu beli daging atau ayam saat tanggal tua??

menu lagi melarat (1)


namanya juga pemula dalam rumah tangga, ngatur uang masih sering keteteran. padahal, nafsu perut maunya diisi yang enak-enak dan tentu saja nggak kurang gizi. daripada uangnya dikasih ke dokter mendingan kita beli bahan makanan yang enak-enak bukan?? *maap buat yang ngerasa dokter*

tapi yang namanya bokek sering nggak pake permisi. pengennya masak ayam goreng, sop buntut, soto daging, tapi kok yang ada di kulkas cuma segelintir sayur (sop-sopan, tauge, oyong alias gambas). coba kita lihat bisa dijadikan apa ya??

*bakwan alias weci alias bala-bala alias ote-ote*

menu lagi kaya


saat kondisi keuangan sedang bagus-bagusnya, kulkas saya akan terisi dengan banyak bahan makanan yang lebih istimewa dari biasanya. kalau standarnya cuma belanja ikan pindang (cue) atau kembung, maka saat sedang agak makmur saya belanja ikan bawal laut. 
yang belum pernah belanja ikan bawal, jangan sampai keliru dengan ikan bawal darat yaa... moncong bawal darat agak agak monyong dengan warna kulit kehitaman. sedangkan bawal laut lebih cakep dengan kulit yang lebih putih pula, hehehe. yang jelas, harga bawal laut lebih mahal daripada bawal darat.
di pasar minggu pekan ini, ikan bawal laut dibanderol Rp.30 ribu- Rp. 40 ribu per kilogramnya. pokoknya, jangan capek menawar dan jangan capek berbecek-becek muter-muter lapak ikan untuk mencari yang terbaik dan termurah. hehehe...

ikan bawal laut ini paling enak dibakar, tapi digoreng biasa saja pun rasanya sudah enak. diolah lagi dengan macam-macam bumbu jelas lebih enak lagi. salah satu yang sudah diuji coba di dapur saya adalah bawal bumbu acar. ini dia resepnya:

bahan
- ikan bawal laut 0,5 kg



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...