17.1.11

acar kuning ikan selar

ini masakan bener-bener pas lagi "latah". cuma baca judul postingan terbaru mbak retno di kedai hamburg "ikan acar kuning", ga pake diklik langsung ngacir ke dapur. liat persediaan. kebetulan pas lagi ada ikan selar. ga punya kunyit, ngacir ke tetangga depan. "bu, punya kunyit ga? boleh minta dikit aja?". thanks God, si ibu tetangga punya. jadilah ini..."acar kuning ikan selar"


resepnya, karena saking udah pengen banget, saya telepon ibu yang sebenarnya baru saja pulang dari rumah saya. see, bahan dan cara bikinnya gampang  banget..ayo kita sreng-sreng!!


untuk acar, kayaknya yang paling enak memang ikan gembung. tapi, berhubung punyanya ikan selar, jadi ya pake itu. dan katanya juga ikan jenis ini enak dibikin acar, digoreng agak kering jadi nanti pas dimakan kriuk-kriuk :D ikan selar ini saya beli karena tergiur pas liat di swalayan, harganya cuma 24 ribu sekilo! ukurannya kecil, jadi sekilo dapet banyak banget, hahaha...setelah disiangi, ikan selar "dikecuri" perasan jeruk nipis dan garam. diamkan beberapa saat, trus digoreng. kalo suka garing, ya digoreng agak lama (asal jangan sampe gosong :p). kalo enggak suka garing, ya goreng setengah matang aja :)

bahan-bahan bumbu :
  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • kunyit , kira-kira dua ruas jari
  • kemiri (lebih banyak lebih baik :D)
  • 1/2 buah tomat


  • semua bumbu digiling halus


  • oya, jangan lupa 10 buah cabe rawit + bawang merah yang agak kecil. tapi jangan diulek. jadi "rencah" acar, pas dimakan biar ada kletus-kletusnya :)
  Masaknya?

  • Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. kira-kira 3 menit, kasih air sedikit saja, masukkan ikannya. biarkan bumbu agak meresap (kira-kira 5 menitlah)


  • terakhir, masukkan cabe rawit hijau dan bawangnya. sudah dimatikan kompornya!! siap disantap :)
  acar ini oke banget disantap dengan nasi panas, mau nasi merah kayak saya atau nasi putih, sama enaknya...yuk dicoba!!!


by : dapur inggit




1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...