8.1.11

dari mana datangnya pepes?


saya selalu bertanya-tanya, siapa gerangan penemu pepes? dari daerah mana sebenarnya cara memasak ini mula-mula berasal?

dengan berbagai ragam bumbu, bahan-bahan makanan yang dibuntal dengan daun pisang ini selalu menguarkan aroma khas yang menerbitkan selera. pepes minim kolestrol karena tak memerlukan minyak sawit. dan bagi saya, memepes adalah seni memasak yang memerlukan ketekunan ekstra. mulai dari membuat bumbunya sampai menyiapkan bungkusnya. bumbu yang melimpah akan lebih nikmat jika dihaluskan dengan ulek-ulek. daun pisang untuk bungkusnya mesti dilayukan di atas api agar lebih steril dan mudah ditekuk pula.

sebagaimana masakan lainnya, saya berkali-kali memasak pepes, berkali-kali gagal juga. adakalanya sebab bumbu terlalu sedikit, dan yang paling sering, bungkusannya yang tak pernah rapi. itulah sebabnya, saya selalu kagum dengan orang lain yang telaten memasak pepes dengan rasa yang pas dan kemasan daun yang sempurna.

sabtu pagi yang mendung, tadinya saya cuma mau menumis jamur tiram. tetapi melihat setumpuk daun pisang bakal bungkus pepes ikan tongkol pesanan Ara, saya jadi tergoda memepes si jamur. sepertinya saya pernah tahu, jamurpun bisa dipepes.


hasil googling memberi banyak referensi resep pepes jamur, tetapi saya memilih kembali pada bumbu pepes yang biasa saya gunakan, yakni cabe merah, bawang merah putih, kemiri dan garam, semuanya diulek. namun untuk si jamur, saya menambahkan pula irisan cabe hijau, cabe merah, dan daun bawang. eits, jangan lupakan telur yang merekatkan bahan-bahan pepes ini...


bumbu halus sudah diulek, cabe hijau, cabe merah, dan daun bawang juga sudah diiris, lanjutkan dengan mengaduk semua bumbu dengan telur dan jamur tiram yang sudah disuir-suir.



dan inilah bagian paling menantangnya: membuat pincuk sang bungkusan daun pisang. seperti yang saya ceritakan tadi, saya belum mahir untuk urusan yang satu ini. jadilah adonannya yang mengandung telur menelusup keluar dari sela-sela daun yang bocor.


tapi tak perlu ambil pusing dengan bungkusnya. mari kembali pada rasa saja agar tak terlalu kecewa. segera kukus selama kurang lebih 30 menit, dan siapkan nasi putih hangat, kerupuk, dan teh manis panas sebagai teman bersantap. kalau sudah kenyang, bantu saya mencari silsilah pepes ya? sungguh mati saya penasaran...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...