24.1.11

empal klasik

 

tak setiap hari saya masak daging sapi. tapi setiap saya masak daging sapi dan kepentok rasa malas jika harus ribet mengolah, maka resep empal klasik dari ibulah pilihan saya. dulu waktu saya kecil, ibu saya sering mengomel jika anak-anaknya (termasuk saya) menghabiskan empal daging sebagai cemilan, bukan lauk kawan nasi. ya gimana dong, enak sih. hehehe...
 
ndilalah, sekarang saya kena batunya, suami saya sering menjadikan empal daging sebagai cemilan. senang sih senang karena masakan saya laris manis. tapi saya jadi mesti masak lagi dong kalau empalnya habis sekali makan. kapan saya mengunggah ceritanya di blog nih kalau masak melulu. hehehe...


membuat empal daging itu guampang banget. daging sapi direbus sampai empuk. kaldunya bisa dipakai untuk kuah sop. dagingnya sisihkan untuk bahan empal, dipotong kira-kira setebal satu sentimeter. jangan terlalu tipis karena nanti dagingnya akan dipipihkan.

bumbu-bumbunya juga tak repot:
- ketumbar
- bawang merah dan bawang putih
- gula aren atau gula merah
- garam
semuanya diulek halus


ambil daging, oleskan dengan bumbu halus, lalu pipihkan dengan uleg-uleg. menumbuknya sebentar saja, asal pipih dan jangan sampai hancur yaa...


sudah jadi deh. kalau belum mau dimakan, bisa disimpan di kulkas dulu. tapi kalau sudah lapar, langsung saja goreng dengan api kecil supaya tak lekas gosong. gampang kan? cobain deh...

2 comments:

  1. Salam kenal....
    Sepertinya menarik sekali lho mbak resepnya...
    Jadi pengen nyoba... tapi takarannya koq ndak ada ya mbak? Apa kira2 aja ya :D

    ReplyDelete
  2. hehehe iya nih saya kalo masak selalu pake jurus kira-kira:)
    kira-kira kalau dagingnya seperempat kilogram, ketumbarnya 1 sdm, bawang merah 3, bawang putih 3, gula aren 3 sdm atau gula merah separuh batok kecil, garamnya setengah sdm. biar lebih afdol diicipin dulu untuk dapat rasa yang pas.
    selamat mencoba:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...