14.1.11

gorengan paling enak di dunia :)

inilah jenis gorengan yang paling enak di dunia, menurut saya sih, hehehe. dan kayaknya suami saya juga akur soal itu:) setiap minggu, pasti si gorengan ini ada dalam daftar menu saya, dan biasanya tak pernah ada sisanya, tak ada yang masuk tempat sampah pula. kalau kebetulan kami sedang jajan di luar dan menemukan gorengan ini, wah pasti dia yang masuk kantong paling banyak. gorengan apakah gerangan?

kita sebut saja gorengan jagung, sebab saya dan suami masih belum bermufakat perihal namanya. saya bersikukuh, namanya adalah 'perkedel jagung', sebagaimana yang diperkenalkan oleh ibu saya, sedari saya kecil dulu. sementara itu suami saya bertahan dengan nama 'dadar jagung', sesuai dengan sebutan makanan itu di kampung halamannya, di jawa timur sana. tapi begitu kami menetap di ibukota, muncullah nama baru: 'bakwan jagung'. 

jadi, siapa sejatinya namamu wahai gorengan jagung? *bertanya pada rumpun jagung yang bergoyang*



mari kita akhiri perdebatan soal perkedel-dadar-bakwan ini. langsung saja menuju dapur saya untuk melongok pembuatannya yang sederhana, dengan bahan-bahan yang mudah diperoleh di tukang sayur terdekat:
- jagung
- telur
- terigu
- daun bawang dirajang
- bumbu halus : bawang merah, bawang putih, temu kunci, gula dan garam.


setelah dipipil, jagung diulek kasar. jangan pernah menghaluskannya dengan blender, sebab rasa sedapnya akan berkurang oleh penghancuran yang semena-mena, hehehe... lagipula, jika jagung halus betul, hilanglah sensasi krenyes-krenyesnya.

selanjutnya, campurkan dengan telur, tepung terigu, irisan daun bawang dan bumbu halusnya. jangan sampai tak menyertakan temu kunci dalam bumbu halus, sebab inilah bumbu penting yang memberi aroma khas buat si gorengan jagung.


adonan sudah siap, goreng dengan api kecil agar matangnya sempurna.


intermezzo, tatkala suami saya sedang melakukan riset di pekanbaru-riau, tanpa sengaja dia mendapati gorengan ini dijual secara khusus (tanpa intervensi gorengan lain). dan lihatlah nama yang dipakai si tukang gorengan: 'perkedel jagung'.

hidup perkedel jagung! 
*saya didukung oleh pedagang perkedel jagung se-riau dooong

(foto: abdil mughis)

2 comments:

  1. di gresik, namanya gimbal jagung lo...

    ReplyDelete
  2. wah kalau perkedel kentang berarti gimbal kentang dong? hehehe;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...