2.1.11

meat tofu tomyam mie

hi semua! selamat tahun baru yaa...semoga tahun ini saya dan anda semua makin sukses, amieenn :D hari kedua di tahun baru ini, saya nyoba masak tomyam..yihaaa..selama ini kalo tomyam selalu beli, belum pernah bikin sendiri..kali ini, nama yang saya kasih untuk si tomyam ini : "meat tofu tomyam mie"..kenapa? karena isinya ada daging sapi, tofu goreng, dan mie :)


oya, tomyam ini hasil percobaan setelah saya sempat membeli bumbu "tomyam cube" saat ke malaysia bulan lalu. dipromosiin temen disana, katanya enak dan praktis. saya juga membeli beberapa bungkus mie tomyam. jadi dicampur aja...

 ini dia bumbu tomyam cube-nya...

tapi jangan khawatir, saya juga mengantongi resep untuk bumbu tomyam yang dibikin sendiri kok :D mulai ya!!

bahan-bahan yang harus disiapkan (berdasarkan yang saya buat hari ini ya. bisa kreatif masing-masing, misal pake jamur, udang, atau ikan, sesuai selera). berhubung yang ada di kulkas cuma bahan yang ada di bawah ini, ya saya pake ini aja, hehe... :


  • sayuran (kali ini saya cuma pake sawi putih, wortel)
  • daging sapi (saya sih belinya bagian sandung lamur, direbus setengah matang biar ga alot. diiris kecil)
  • tofu siap goreng
  • cabe rawit (lebih enak rawit merah)
  • mie 
  • tomyam cube
  • daun jeruk purut
  • satu batang serai, dikeprek

nah, kalo bumbunya mau bikin sendiri (dihaluskan semua) :
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 4 buah cabe merah
  • terasi bakar
  • garam secukupnya

    yap! sekarang cara buatnya ya... 
    • wortel dipotong dadu atau persegi panjang, rebus
    • rebus mie instant, tiriskan
    • sawi putih cukup direndam air panas saja
    • tofu dipotong-potong miring, goreng.

    setelah semua bahan siap, tata di dalam mangkok :)

    • nah, sekarang kuahnya. mudah kok..tumis semua bahan yang sudah dihaluskan, masukkan daging, serai, daun jeruk purut dan 1 liter air. tambah kan garam sesuai selera. karena pake tomyam cube, masukkan sekalian. tunggu hingga mendidih dan daging cukup empuk. selesai!!
    • tuang kuah ke dalam mangkok yang berisi sayuran+mie+tofu yang sudah disiapkan
    • sajikan dengan nasih putih panas...seddaaappp!! 


    selamat mencoba!!

    by : dapur inggit


    No comments:

    Post a Comment

    Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...