11.1.11

menjajal "ati & tempe kecap" ala mbak eha

siapa itu mbak eha? mbak eha, adalah si mbak yang buka warung makan disebelah kantor saya, di kawasan palmerah. kalau makan disana, menu favorit saya, "ati dan tempe kecap". sebenernya ini semur, berhubung mbak eha bilangnya bukan semur, ya saya amini saja. kali ini, coba memasaknya sendiri. bukan ala mbak eha, tapi ala saya :D sama enaknya...*lhoo??*

"ati dan tempe kecap" nyontek mbak eha...
awalnya, agak ga yakin juga ini bikinnya sama kayak masak semur. mau nanya mbak eha, kok ga enak. takut tar dikira saya mau nyaingin dia, hahaha...akhirnya ya dikira-kira saja. rasanya sama kok. cuma, kata wak arie, "hmm...kurang palanya". emang ga pake, karena ga punya...hahaha...

waktu itu, kebetulan di kulkas ada tempe yang sudah saya kukus. niatnya pengen nyoba bikin perkedel tempe. berhubung waktu enggak mencukupi (saya masaknya pagi, untuk sarapan dan bekal makan siang :D), akhirnya berpikir untuk mengolahnya menjadi makanan yang ga pake lama masaknya. terlintaslah tempe kecap ini. kebetulan juga, ada ati yang udah diungkep. ya sudah, cemplungin semua...
bahannya :
  • setengah siung bawang bombay
  • 3 siung bawang putih dikeprek
  • 1 buah tomat
  • ati ampela ayam
  • tempe
  • garam, gula merah
  • kecap
  • lada bubuk

okeeehhh...mari mulai memasaknya! sekali lagi, saya memang memilih masak yang mudah-mudah saja. jadi maaf ya, kalo terlalu simpel, hehe..karena waktu yang saya punya untuk menyiapkan makanan ini memang terbatas :D

  • tumis bawang bombay yang sudah diiris, masukkan bawang putih yang sudah dikeprek
  • masukkan tempe dan ati ayam setelah bawang-bawang ini layu dan mewangi
  • kasih air secukupnya, masukkan gula merah, kasih kecap sampai warnanya agak kehitaman
  • tambahkan garam, tunggu saja sampai agak mengental
  • oya, sambil dibalik-balik ya, biar tempe da atinya diresapi oleh bumbunya di segala sisi...halah! :D

waduh...ini penampakan pas masaknya enggak banget yaa...hahaha..maklum kemampuan kamera terbatas untuk menangkap yang lebih bagus :D

kalo udah mengental, jadi deh. rasanya? nyemek-nyemek manis asin gitu. saya sih suka, hehe...selamat mencoba!!




*ps : thanks to mbak eha, sumber inspirasi masakan ini :D

by : dapur inggit




No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...