11.1.11

puding roti keju kismis

 

konon, puding ini diciptakan oleh seseorang untuk menyelamatkan roti tawar yang nyaris kadaluarsa. dengan sedikit eksperimen, maka roti tersebut menjelma sebagai makanan yang naik kelas gengsinya (maksudnya, namanya jadi keren gitu lho): puding roti keju kismis dengan vla coklat.


eh, tapi saya tak membuat puding ini dari roti nyaris kadaluarsa lho. apalagi, puding ini disajikan khusus untuk para tamu agung yang datang hari minggu lalu ke rumah saya :) saya menggunakan roti kampung. hehehe, itu hanya istilah saya pada roti tawar klasik yang dijajakan keliling dengan jingle berbunyi "toet toet".

roti macam ini merknya macam-macam. di pasar minggu, favorit saya adalah 'bogor indah' dan 'madinah'. di kawasan depok-citayam-bojong, saya menemukan merk 'yulian'. ciri khas roti tawar kampung ini adalah lembut empuk dan tak terlalu tahan lama. paling banter tiga hari, si roti kampung akan mulai berjamur. mungkin karena tak terlalu banyak pengawetnya.

membuat puding roti yang resepnya saya temukan di balik kardus bungkus keju ini gampang saja, bahannya juga tak terlalu merepotkan. tapi saya tak terpaku dengan resep yang ada, melainkan menyesuaikannya dengan isi kulkas saya. jika resep tersebut menyebutkan meises dan kacang, maka saya menukar keduanya dengan kismis. dan lagi-lagi karena saya tak punya susu UHT, saya pun menggunakan larutan susu bubuk.

inilah bahan-bahan puding roti versi saya:
- roti tawar
- telur
- keju
- gula pasir
- susu bubuk fulkrim dilarutkan
- kismis
- margarin untuk olesan loyang


mula-mula roti tawar disobek-sobek kecil. lalu aduk rata dengan telur yang telah dikocok, susu, gula, dan keju yang telah dipotong dadu kecil.


oleskan mentega pada loyang, lalu tata kismis agar merata di permukaan loyang.


tuangkan adonan roti ke dalam loyang, kukus sekitar 30 menit.


sambil menunggu matang, mari membuat sausnya, vla coklat yang komposisinya juga versi isi kulkas saya: susu bubuk coklat dilarutkan, gula pasir, sedikit vanili dan dua sendok tepung maizena. semua bahan dimasak dengan api kecil, aduk terus sampai mengental.


dan lihatlah, vla ini membuat si puding jadi bergaya dan terlupa wujud asli bahan utamanya. itu lho... si roti tawar kampung yang nyaris terbuang tadi :)

3 comments:

  1. nyoba ahhh...

    sering kebuang2 nih roti tawar .. selama ini kalau gak dibikin roti goreng dibuat campuran nugget :)

    ReplyDelete
  2. monggo mbak, itu resep pasaran kok, nemunya aja di kardus kemasan keju, hihihi;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...