23.1.11

sop daging enak tenan!

suatu hari, saya kepengen banget sop daging. kebayangnya, sop daging dengan bumbu lengkap kayak kapulaga, kembang lawang dan teman-temannya. selalu mengusahakan, kalau ingin sesuatu memasaknya sendiri, daripada beli diluar. tapi ga punya persediaan daging. berhari-hari menunggu, tukang sayur enggak lewatlah, enggak bawa daging lah. akhirnya keinginan itu tertunda terus. hingga akhirnya, terbeli lah itu daging sengkel (kata mbok tukang sayur, daging bagian paha). tiba-tiba, mau masak kok males. "aku itu pengen sop daging, tapi pengennya masak sendiri. cuma kok males masaknya ya mas," kata saya ke wak arie, suami saya, saat akan berangkat kerja. pulang kantor, kira-kira jam 10 malam, pas masuk rumah, hmmm..kok wangi sop ya? ahaaa..ternyata dia memasakkannya untuk saya! dan sop ini jadi SOP DAGING paling enak sedunia :D beneran ENAK TENAN!



kebetulan, paginya saya memang sudah menyiapkan bumbunya. tapi ya itu, tiba-tiba rasa malas mendera. jadi enggak jadi dieksekusi. rupanya, wak arie pinter juga mengolah bumbu-bumbu itu, tanpa bertanya...kita lihat, bagaimana dia "mengeksekusinya" :D


paginya, bahan-bahan bumbu memang sudah saya siapkan di dapur. sudah difoto juga. ini dia, bumbu-bumbunya :


  • 4 bawang putih
  • 2 buah kapulaga
  • 1 buah kembang lawang
  • 3 butir cengkeh
  • 1/2 buah pala
  • merica dan garam secukupnya
  • lainnya : daging sapi, bakso, daun bawang, seledri, bawang goreng
  • sayuran : wortel, brokoli atau kentang

ketika saya tanya wak arie, bagaimana dia mengolah bumbunya, ini dia, kira-kira how the way he cooked :D *sayangnya ga difoto euy ama wak arie, hehe

  • bawang putih+merica digiling halus, kemudian dimasukkan ke pamci yang sudah berisi air, bakso dan daging
  • kemudian, masukkan bumbu-bumbu lain : kapulaga, kembang lawang, pala dan cengkeh
  • biarkan sampai bumbunya meresap dan dagingnya agak empuk
  • baru deh, bakso dan sayuran dimasukkan.
  • tunggu sampai semuanya matang! done :)

menurutnya ceritanya sih gitu. rasanya? bukan bermaksud berlebihan, tapi memang bumbunya kerasa banget dan dagingnya empuk...nyam-nyam...sampe-sampe saya makan itu terus buat sarapan, makan siang dan makan malam lagi :D thanks wak arie! wuyu lah pokoknya :)

ini galeri foto sopnya aja ya, hehe







selamat mencoba :)


by : dapur inggit


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...