19.1.11

"ujug-ujug" pancake saus coklat

krrriiinnggg...kriiinggg...*kira-kira gitu deh bunyi jam wekernya*..grubak grubuk, waduh udah jam 6 pagi..bangun2 perut terasa keroncongan. makan apa ya? eitz, tepatnya, "masak apa ya?". sambil bolak balik rumah mini dr depan ke belakang, akhirnya menemukan apa yang dimau buat ganjel perut di pagi hari. yap! ini diaaa : PANCAKE SAUS COKLAT yang sekonyong-konyong alias ujug-ujug alias tiba-tiba dipengenin :D


setelah sesaat tanya mbah google, dapet deh resepnya. sebenernya, saya menemukan banyak resep. dibuka semua, akhirnya memilih satu resep yang gampang. ga pake harus mixer-mixer segala. milih resep yang cuma pake diaduk-aduk...hahaha...come on, inilah proses brojolnya si pancake saus coklat...


bahan-bahannya :


  • 150 gram tepung terigu
  • 50 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 300 ml susu cair UHT
  • 50 gram mentega cair
  • 1/2 sdm baking powder
sudah siap bahannya? yuk mari kita campur-campur...

pertama, campur tepung terigu, gula, dan baking powder. aduk rata. masukkan telur, aduk lagi sampai rata. baru masukkan mentega cairnya.

nanti penampakannya kayak gini ni...

setelah berwujud kayak foto diatas, tuang deh susunya. aduk rata lagi. nah, nanti penampakannya seperti foto di samping ini..kalo masih terlalu kental, bisa ditambah susunya :)


udah deh, siap dimasak. sebaiknya pakai teflon yang anti lengket dan ukuran diameternya enggak terlalu besar. oya, cerita pertama memasaknya, saya sampai harus menambah sedikit susu lo ke adonan, karena ternyata terlalu kental. kalau terlalu kental, ketika dituang ke teflon, bentuknya enggak langsung mbulet, tapi ngumpul. akhirnya ditambah sedikit susu deh. tuang aja satu sendok besar adonan...tunggu sampai ada gelembung-gelembung berongga gitu deh dan permukaannya kering/ga terlalu basah...

suka liat bolong-bolongnya itu..tp fotonya gelap ni..hahaha

oya, kalo punya teflon yang ada tutupnya lebih bagus. jadi pas abis dituang tu adonan, ditutup, lebih cepat matengnya. berhubung teflon saya ga ada tutup, akhirnya pake tutup panci...hahahaha..

ni dia tutup panci yang nangkring di teflon :D

kalo udah selesai, penyajiannya sesuai selera aja. mau ditumpuk atau dibikin pasangan dua lembar-dua lembar juga oke :)



untuk topping, sesuai selera juga. bisa dikasih mentega, keju parut, selai kacang, selai nenas, selai strawberry. kalo saya sih, karena persediaan yang ada saus coklat alias  krim coklat ama strawberry, ya udah itu aja yang dijadiin topping :) selamat mencobaa!!


by : dapur inggit

1 comment:

  1. dulu, waktu kuliah di malang ada jajanan favoritku terang bulan imut. tapi sekarang di surabaya susah nemuin jajanan yang sekedar penunda lapar itu. bisa nih, jadi pengganti. gk ada stroberi, pisang pun jadi,.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...