7.2.11

asam pedas panasnya tom yam...

 

lagi-lagi terjebak hujan ya? cepat pulang saja deh, hehehe... maaf saya memprovokasi nih. tapi serius, cepat pulang lalu siapkan makanan yang asam pedas panas membara, misalnya tom yam seafood ini. lumayanlah buat menghangatkan badan yang letih.

kalau resep tom yam ala inggit menggunakan daging, mie, dan tofu, maka saya memilih komposisi tom yam yang umum, yaitu seafood. idealnya, terdiri dari cumi, fillet kakap, dan kerang. kalo udang kan dari tambak ya? jadi nggak masuk golongan seafood dong:)

tapi meski saya cuma punya udang dan cumi, tapi cukuplah untuk menciptakan aroma lautan dalam sup khas Negeri Siam itu. yang penting, asam, pedas dan panas :)


bumbu halusnya, saya pakai resep inggit, yang terdiri dari:
-bawang merah dan bawang putih
-cabe merah
-cabe rawit
-terasi dan garam

semua bumbu tersebut ditumis sampai harum, masukkan udang dan cumi, lalu masukkan jeruk dan serai, beri air untuk kuahnya. oiya, saya menambahkan sedikit jahe yang dimemarkan untuk menyamarkan bau amis cumi, dan menambah tomat serta air jeruk nipis agar kuahnya lebih kecut segar. saya juga memakai tom yam cube oleh-oleh inggit dari malaysia.



sudah mendidih, angkat, hidangkan sebagai penghangat nan lezat di hari hujan...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...