28.2.11

bacem si hitam manis


tempe atau tahu bacem ini adalah makanan yang akrab sekali terutama untuk lidah jawa tengah, atau yang pernah tinggal di sana. kecenderungan masakan jawa tengah yang gemar dengan rasa manis diwakilkan oleh bacem-bacem ini. tapi meski saya hanya jawa tengah peranakan yang tak pernah menetap di sana, bacem juga sering muncul di meja makan keluarga saya.

bacem tak membosankan atau membuat kita lekas kenyang meski rasanya manis. bisa jadi karena rasa manis itu berasal dari gula aren (gula merah) kali ya. jika dibandingkan dengan gula pasir, maka gula merah tak terlalu membuat pankreas kita kelelahan mengolahnya menjadi energi.


membuat tempe/tahu bacem tak sulit. bumbu halusnya terdiri dari:
- bawang merah
- bawang putih
- ketumbar
- garam

siapkan juga daun salam, lengkuas yang dimemarkan, gula merah/gula aren dan air kelapa.

selain gula merah yang menjadi kekhasan bacem, air kelapa adalah unsur yang tak boleh terlewatkan. resep tempe/tahu bacem dengan air kelapa ini saya dapatkan dari ibu saya. selain menambah rasa manis segar, air kelapa juga menghasilkan warna coklat kehitaman bacem yang cantik.

jika tak punya air kelapa, bisa juga menggunakan santan. hasilnya sama-sama sedapnya. jika memakai santan, rasa gurihnya akan lebih terasa. silakan memilih sesuai selera.


memasak bacem tak terlalu repot. saya menyebutnya mungkin semacam mengungkep tahu-tempe :) masukkan bumbu halusnya ke wajan, masukkan salam dan lengkuas, gula aren/gula merah, tuangkan air, air kelapa atau santan. selanjutnya masukkan tahu tempe dan masak dengan api sedang sampai air menyusut habis dengan sendirinya.

jika ingin menyimpan tempe/tahu bacem sebagai stok di kulkas, biarkan panasnya hilang dulu ya. memang tahu-tempe bacem ini sudah bisa langsung dimakan -terutama untuk pelaku diet yang bermusuhan dengan minyak goreng. tapi kalau saya, lebih suka menggorengnya terlebih dahulu hingga agak sedikit gosong dan menyiapkan sambal terasi sebagai teman santapnya :)

4 comments:

  1. pengen bacem di warung Kartika, Kertorahayu,...

    ReplyDelete
  2. sebelah endi yo iku? aku kok lali... opone kosan mantan pacar? hahahaha

    ReplyDelete
  3. kalo pakai santan, berapa ml byknya? Sama dgn kalo pakai air kelapakah?

    ReplyDelete
  4. waduh, saya gak biasa pakai mililiter, tapi mili sak penake. hehehe... kalau tahu-tempenya muat di wajan 30 sentian, mungkin santannya (kalau encer) sekitar 2 gelas. kalau santan kental mungkin 1 gelas kali ya. ikut pakai jurus kira-kira aja ya :))

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...