22.2.11

eksperimen puding alpukat

memasak itu bukan sekedar memasak. kalau dapur diibaratkan sebagai sebuah lab, maka meracik masakan adalah sebuah eksperimen. memasak juga mengajarkan bahwa sebuah eksperimen tak serta merta langsung berhasil. dia juga mengenal "kegagalan". seperti eksperimen saya membuat PUDING ALPUKAT ini :D eksperimen pertama gagal, dan dari sini saya jadi tahu bagaimana membuatnya menjadi puding yang enak dan berhasil!!


dalam cerita ini, saya banyak cerita soal gagalnya yaa..karena koleksi foto yang lengkap saat eksperimen pertama yang gagal, hahaha...tak punya kamera saat mencoba eksperimen kedua.

 cerita kegagalan

suatu hari, saya membeli empat buah alpukat dengan ukuran yang cukup lumayan dan kondisinya baik. kata wak arie, "pengen dibikin jus ya?". tadinya sih berpikir gitu, sebelum akhirnya saya kepengen mengolahnya menjadi puding. jadilah saya bikin puding ini dengan cara mengeruk daging satu buah alpukat dan dicampurkan susu.

ini dia daging alpukat yang sudah saya keruk dan dicampur dengan susu...

setelah itu, saya campur dengan bubuk agar-agar dan dipanaskan hingga mendidih. baru deh dimasukkan ke cetakan.

  

ketika sudah mengeras, saya dengan semangat 45 mencobanya, dengan mengajak wak arie untuk mencicipinya juga. pas dimakan, ketika gigitan pertama tak ada masalah. gigitan kedua, saat puding akan ditelan, terasa pahit di lidah. wak arie juga merasakan hal yang sama. hmmm..apa yang salah ya? untuk memakan potongan berikutnya, saya sampai melumurinya dengan saus coklat, biar rasa pahitnya tertutupi dengan rasa manis coklat. tapi tetap berpikir, "apa yang salah dengan puding ini ya?".

jawabannya justru ketemu saat mendiskusikannya dengan wak arie :D kami berdua sepakat, rasa pahit itu datang dari daging alpukat yang diserut. tahu kan, kalau di daging alpukat itu kadang ada serat halus coklat yang terasa pahit? nah, sepertinya rasa pahit dari situ. akhirnya, saya berpikir, harus dibikin lagi dengan cara memblender alpukatnya :D pasti enggak akan pahit, kan sudah terbukti dengan jus alpukat, hehe...

yang ini berhasil!!!

setelah yang pertama gagal dengan buah alpukat diserut, saya mencoba lagi dengan memblender dagingnya. tapi maaf ya, saya enggak memotretnya, karena nyobanya di jogja :D tapi bahannya sama kok dengan eksperimen pertama, hanya beda dalam hal mengolah daging alpukatnya saja...

bahan-bahan : 
  • satu buah alpukat
  • 2,5 gelas delima susu cair UHT
  • gula secukupnya
  • 1/2 sdt garam
  • satu bungkus agar-agar putih


siapkan susu UHT di dalam blender, masukkan daging alpukat yang sudah dikeruk. blender sampai hancur lebur burrr...kemudian masukkan ke dalam panci, campur dengan satu bungkus agar-agar putih. tambahkan gula dan garam secukupnya, didihkan di atas api sedang. kalau sudah mendidih, matikan api dan tuang ke dalam cetakan yang sudah disiapkan.

jadi deh! rasanya enak, saya suka. jauh beda dengan eksperimen pertama yang campur pahit :D


selamat mencoba!!

by : dapur inggit

8 comments:

  1. Mbak, tanya donk. Olahan puding apukat yg pahit mbak buang atau mbak kreasikan lagi? Saya punya pengalaman yg sama nih mbak, kemarin lusa bikin bolu kukus alpukat dan rasanya pahit di akhir kunyahan. Jd bingung itu bolunya mau diapain sekarang. Dibuang sayang bgt. Mungkin ada tips mbak? :D

    ReplyDelete
  2. Mba sya juga buat puding seperti mba yg pertma terasa pahit, trus spya ga terbuang percuma pudingnya dibuat sperti apa ya?

    ReplyDelete
  3. Mba sya juga buat puding seperti mba yg pertma terasa pahit, trus spya ga terbuang percuma pudingnya dibuat sperti apa ya?

    ReplyDelete
  4. Cobain puding alpokat pakai sirup mocca lebih enak deh...kalo susu kadang suka enek

    ReplyDelete
  5. Sama mbak saya juga kemaren bikin puding dan rasanya pahit..apa gara2 ngeruknya sampe kulitnya yaa..
    Dan sayang akhirnya pudingnya dibuang deh..padahal sayang banget..

    ReplyDelete
  6. Sama mbak saya juga kemaren bikin puding dan rasanya pahit..apa gara2 ngeruknya sampe kulitnya yaa..
    Dan sayang akhirnya pudingnya dibuang deh..padahal sayang banget..

    ReplyDelete
  7. Bikin puding alpukaat yang bener itu alpukatnya jangan ikut di masak bersama agar2 nya... tapi tunggu puding agak dingin baru masukan jus alpukat dan campur rata di jamin rasanya enak tidak pahit sama sekali selamat mencoba

    ReplyDelete
  8. aduh telat bacanya, sy udh bikin. pait pula. kl dimakan aman ga ya? ga jd buat anaknya, buat emaknya ajalah.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...