3.2.11

gembung sambel ijo...kering!! :D

cerita si gembung ini seru juga. saat belanja bulanan, melihat ikan yang gemuk-gemuk. tanya sama mas-mas yang jaga, "bisa dibeteti (dibersihkan) sekalian mas?". ketika dia mengganggukkan kepala, langsung deh ambil 8 ekor yang ginuk-ginuk. 

"enaknya dibikin apa ya mas?," kali ini nanya ke wak arie.
"bikin balado gembung aja," katanya.
"enggak ah, di-SAMBEL IJO aja ya," kata saya *lho, ngapain nanya ya? hehe...


kebetulan, di rumah juga punya banyak stok tomat ijo yang kecil-kecil itu lo..enak banget kalo dibikin sambel ama cabe keriting ijo+rawit ijo...manteeppp..tapi berhubung lagi males nggiling, wak arie dapet jatah nggiling cabe :D

bahan-bahannya standar aja kok :
  • ikan gembung (dibebeti, disiangi, dibersihin, atau apalah namanya, kemudian dipotong dua, kecuri jeruk nipis+kasih garam secukupnya)
  • cabe ijo keriting
  • cabe rawit ijo
  • tomat ijo
 
ikan gembungnya canteeekkk...
 
nah, waktu bagian nggiling cabe ini, sempet eyel-eyelan sama wak arie. saya pengennya cabenya banyak, ternyata perkiraan yang menurutnya banyak, menurut saya enggak, haha...jadi ya udah ngalah ama tukang giling :D

hasil ulekan wak arie...

setelah melihat hasil gilingannya, saya sempat komentar, "kurang banyak kayaknya". jawaban si wak, "enggak ah, cukup ini". dan, akhirnya, pendapat siapa yang benaaaarrr? ini dia jawabannya :

bumbunya ditumis..pas liat ini, saya makin berpikir, ikan sambelnya pasti kering...

ini setelah dicampur dengan sambalnya..keliatan kan kurang sambel? huhu..

ikan sambel itukan enaknya kalo nyemek-nyemek banyak sambelnya..iya kan? pas bilang ke wak arie, tetep aja jawabannya, "ah, enak-enak aja kok". hehe..ya sud lah...

nah, supaya pas difoto ga keliatan kurang sambal, saya pake mangkuk mini yang baru saya beli minggu lalu. hasilnya kayak di bawah ini..tetap terlihat menggiurkan tho? hehe...tapi rasanya juga wokee loo...thanks wak arie, ini hasil kolaborasi kita :D



selamat mencoba!! :)

by : dapur inggit



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...