14.2.11

pemberontakan (isi) tahu


gorengan, entah kenapa bagi saya tak pernah membosankan. mungkin karena porsinya sebagai cemilan dan rasanya akrab di lidah. gorengan juga pas di segala suasana. saat hujan, gorengan menjadi kudapan sempurna untuk dinikmati ketika baru diangkat dari wajan. di tengah hari yang terik, gorengan disertai sambal atau cabai membuat kita sulit berhenti mengunyahnya.

satu hal lagi, bahan-bahannya sederhana, murah meriah, dan proses membuatnya tak perlu ruwet. bahkan dari satu resep, bisa jadi dua jenis gorengan. misalnya tahu berontak yang saya bikin ini, terafiliasi dengan bakwan alias ote-ote alias weci alias bala-bala. singkat kata, gorengan ini makanan yang memudahkan. mudah dibuat dan mudah dihabiskan :)

bahan utamanya, tentu saja tahu. saya memilih tahu coklat untuk dijadikan tahu berontak. saya tidak tahu apa nama aslinya. akan tetapi banyak ibu-ibu yang menyebut tahu yang telah digoreng ini sebagaimana warnanya kulitnya, untuk membedakan dengan tahu putih yang dijual mentah. selain tahu, siapkan juga terigu dan telur.


bahan isiannya adalah kol, daun bawang, dan wortel yang diiris, serta tauge. para tukang sayur biasa menyebut kombinasi sayuran ini sebagai 'bakwanan', sebagaimana ada istilah 'sop-sopan' atau 'lodehan'.


siapkan bumbu halusnya yang cukup dengan lada, bawang putih serta garam.


aduk-aduk terigu dengan air dan telur hingga cukup kental, masukkan bumbu halus, aduk-aduk hingga merata, lalu masukkan sayurnya, aduk-aduk lagi. tak usah segan mencicipi adonan ini demi mendapatkan rasa yang paling pas sesuai selera kita.


belah tahu, lalu masukkan adonan isi. saya lebih suka isi tahunya benar-benar semburat, tak sekadar menjadi pengisi belaka. dengan demikian, pemberontakan isi tahu ini benar-benar terwujud. hehehe...


goreng dengan minyak panas dengan api sedang agar tak gosong di luar. api sedang juga membuat kematangannya menjangkau adonan isi yang berada di bagian dalam.

yak, selesai! jika malas membuat sambal, sediakan saja cabai rawit sebagai pelengkapnya. 


buat saya, gorengan ini cukup lengkap gizinya, ada karbohidrat dari tepungnya, ada protein dari telur, dan tak mengabaikan sayur mayur. sebagai cemilan gurih yang disajikan hangat, siapa sih yang tak ingin ikut mencomot pemberontak yang satu ini? :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...