1.2.11

selamatkan nasi kemarin!


ketika nasi putih yang umurnya lewat 12 jam telah tak lagi membuat kita berselera, maka inilah cara yang jamak untuk menyelamatkannya: menjadikannya nasi goreng. alasannya tentu saja karena mudah, cepat, bisa dimodifikasi dengan berbagai lauk pauk, dan termasuk dalam kategori menu sejuta umat :)

saya juga suka memasak nasi goreng untuk memberdayakan nasi putih kemarin yang sebenarnya masih layak makan, namun citarasanya jelas telah berubah. apalagi jika disimpan dalam magic-com. kadang-kadang nasi berubah warna jadi kekuningan, adakalanya jadi lebih lembek dan adakalanya juga menjadi karak alias mengering. dibuang sayang, tak dibuang siapa yang mau makan?


resep nasi goreng versi saya sih nggak aneh-aneh, bumbu halusnya cuma cabe merah, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih, serta garam. bumbu ini kemudian ditumis hingga harum, lalu saya masukkan telur, aduk-aduk, masukkan nasinya, lalu aduk-aduk lagi, selesai.


yang biasanya saya modifikasi adalah bahan pelengkapnya. apa itu? tergantung dengan isi kulkas saya. saat saya menemukan wortel dan keju, serta sisa bumbu ungkep ayam yang agak berminyak, maka itulah campurannya.


dan jadilah nasi goreng wortel keju beraroma ayam ungkep...


kali lain, saya mempunyai udang, maka terciptalah nasi goreng udang...

 

meski membuat nasi goreng terlihat gampang, tapi ya bukan berarti zonder kegagalan juga. saya pernah membuat nasi goreng yang rasanya aneh karena kebanyakan bawang putih. pernah pula terasa cemplang bumbu yang kurang matang. atau apinya terlalu besar hingga bumbu nyaris gosong.

soal menumis bumbu, katanya sih jangan sampai terlalu banyak memakai minyak supaya rasanya tidak terlalu oily. nama boleh saja nasi goreng, namun tidak lantas berarti nasinya digoreng dengan minyak melimpah dong :)

eh tiba-tiba saya kok jadi curiga dengan nasi gorengnya orang prancis ya. sebab di sana, kata guru les saya, nasi goreng dinamakan le riz sauté, arti harfiahnya adalah nasi yang meloncat-loncat. jangan-jangan itu karena minyaknya kebanyakan?

2 comments:

  1. saya senang nasi goreng, nyam nyam.. resepnya oke nih mbak.. btw salam knal mbak2 :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal juga mbak, thanks sudah mampir ke dapur kami;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...