25.3.11

ayam kecap remix


ingat nggak dengan istilah 'remix'? saya lupa-lupa ingat. tapi sepertinya istilah itu cukup marak pada masa-masa tahun 1998 ya? yang paling saya ingat adalah 'dangdut remix'. kalau tak salah, itu adalah lagu dangdut yang dikemas ulang dengan mencampur-baurkannya dengan segala macam aliran musik, terutama yang kedisko-diskoan. betul nggak sih?

lho ini ceritanya kan cerita dapur kok membahas soal musik?

hehehe, maap-maap. saya terpikir untuk membuat judulnya begitu karena masakan yang saya buat kali ini agak mirip dengan istilah itu. saya tengah memasak ayam kecap dengan memadukan dua resep. pertama, resepnya julia -yang baru saja melahirkan anak keduanya, selamat yaaa- dan resep ati tempe kecap bikinan inggried. 

saya percaya kedua resep itu telah menghasilkan kelezatan masing-masing. tapi saya merasa harus menggunakan resep dengan bumbu yang lebih optimal. saya percaya kekuatan bumbu bisa menutupi kekurangan bahan utamanya. ini karena ayam yang saya gunakan adalah ayam kampung yang minim saripati karena terlalu sering direbus. lagi-lagi, karena kaldunya telah diambil untuk MPASI anak saya. hehehe...


nilah hasil me-'remix' kedua resep itu. dari resep julia, saya tidak menggunakan minyak ikan (*karena tidak punya). dari resep inggried, saya menghilangkan unsur tomat, dan menambahkan cengkeh dan biji pala, sehingga komposisi bumbunya adalah berikut ini:

- 1 siung bawang bombay diiris
- 5 siung bawang putih dikeprek
- 3 cabe merah diiris tipis
- 1 sdm saus tiram
- kecap- gula merah
- garam
- lada bubuk
- 3 butir cengkeh
- biji pala yang dihaluskan

cengkeh dan pala adalah bumbu tak wajib. dipakai enak, nggak dipakai juga nggak apa-apa.


cara membuatnya, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum, masukkan irisan cabe merah, lalu masukkan ayam. bagusnya sih ayam yang segar (bukan ayam rebusan kayak punya saya ini, hehehe). tambahkan air, kecap, gula merah, saus tiram, garam, lada, biji pala, dan cengkeh. masak sampai mengental, sampai susut dan bumbu menyerap.


sungguh resep ini gampang banget ya, bumbunya serba iris-iris dan cemplung-cemplung saja. rasanya puas banget setelah mencampurkan dua versi bumbu dan mendapatkan rasa yang sempurna. apalagi suami saya lahap banget makannya, jadi makin senang deh. hidup remix!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...