3.3.11

lumpia enteng


yuuhuuu... edisi gorengan datang lagi. hmm, gimana yah, gorengan enak sih. ragamnya juga banyak. memang si gorengan muncul dari wajan berisi minyak sawit -dan ditakuti oleh para pelaku diet. tapi kalau prinsip saya, asal nggak dimakan setiap hari, nggak berlebihan, pasti nggak akan menimbulkan dampak ekstrim buat badan. apalagi gorengannya kita bikin sendiri. sayurnya berlimpah, minyaknya pun bukan jelantah. biar namanya gorengan, tapi statusnya gorengan sehat.

dengan demikian, maka tak perlu ragu untuk mencoba resep lumpia enteng ala saya. seperti namanya, lumpia enteng memang nggak penuh isian seperti lumpia semarang yang maknyus itu. lumpia versi saya terinspirasi dari lumpia yang dijual tukang gorengan itu lho, mungil, isiannya nggak terlalu banyak, tapi bikinnya praktis tis tis:)


bahan kulitnya adalah kulit lumpia yang gampang diperoleh di tukang sayur. kadang-kadang kulit lumpia ini juga saya pakai buat kulit martabak. makanya kadang saya suka keseleo lidah menyebutnya sebagai kulit martabak :) segulung kulit lumpia, berisi sekitar 10 lembar, biasanya dihargai Rp 1000 sampai Rp 1500.

untuk isiannya suka-suka saja, kalau saya memilih:
- bihun yang direbus lalu ditiriskan
- daging rebus dicincang
- wortel dipotong dadu kecil
- kol dan daun bawang dirajang


bumbu halusnya simpel banget: bawang putih, lada dan garam.


setelah bumbu diulek, tumis sampai harum, lalu masukkan segala bahan isi (dahulukan wortel dan kol), aduk-aduk sampai rata.

 

ambil selembar kulit, masukkan sekitar dua sendok bahan isi yang telah ditumis tadi.

lipat kulit, dan rekatkan dengan putih telur. langsung digoreng bisa, diembargo dalam kulkas buat besok pagi juga bisa :)


gimana? gampang kan? enak kan? santap hangat sesantai mungkin tanpa perlu khawatir dengan jumlah lemak. pokoknya dinikmati saja tanpa acara menghitung kolesterol. kan nggak tiap hari kita masak gorengan :) *hatihatiprovokasi*

2 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...