19.3.11

mushroom macaroni schotel [edisi 3]

lama enggak nulis eh ngetik. tangan saya agak kaku, termasuk kaku dalam mengalirkan cerita masak memasak. harap dimaklumi ya :D kali ini, mau share eksperimen belajar bikin macaroni schotel lagi. udah edisi tiga ni. ada perbedaan dengan dua masakan macaroni schotel yang prnah saya bikin. hasilnya? alhamdulillah better :). masakan ini entah udah kapan dibikin, tp baru sempet diunggah sekarang :D


apa bedanya dengan dua edisi macaroni schotel sebelumnya? kali ini, saya mematangkannya dua kali : dikukus dan dipanggang? lebih yummyyyyy....


di edisi tiga ini, macaroni schotelnya isinya lebih beragam. hehe...selain ada daging giling, saya kasih jamur juga (kalo ga salah namanya jamur kancing, yang bulet2 itu...bener ya? :D)


bahan lengkapnya :


  • 200 gram macaroni, direbus, tiriskan
  • 1 buah bawang bombay, iris
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • sayur-sayuran (kacang polong, wortel, jagung) secukupnya
  • jamur kancing (banyaknya sesuai selera), cincang atau iris halus
  • 250ml susu cair UHT
  • 6 sdm pasta tomat
  • 200gr daging sapi giling
  • oregano kering
  • garam
  • lada bubuk
  • keju cheddar parut
  • keju mozarella (untuk topping)
  • 2 butir telur, kocok lepas
cara memasaknya, sama dengan macaroni schotel sebelumnya...garis besarnya :

1. tumis bawang bombay+bawang putih sampai harum. masukkan daging giling. setelah daging giling berubah warna, masukkan sayur-sayuran dan jamurnya. tunggu sampai agak layu.

2. setelah sayuran layu, masukkan susu dan macaroni, beri garam dan lada bubuk dengan takaran sesuai selera. masukkan pasta tomat

3. setelah pasta tomat, masukkan keju cheddar parut. ga usah tunggu sampai mendidih. setelah diaduk-aduk, matikan api dan masukkan telur yang sudah dikocok lepas

ini penampakan setelah semua bahan dicampur :)

4. baru deh diwadahi di pinggan kaca atau aluminium foil cup yang khusus untuk schotel. kemudian dikukus selama lebih kurang 15 menit.




5. setelah dikukus, taburi dengan parutan keju mozarella. panggang sekitar 5-7 menit.

jadi deeeehhhh....ini penampakan setelah dipanggang. keju mozarellanya meleleh cantikkkk...


untuk satu adonan ini, saya dapat 5 cup macaroni schotel dengan ukuran kayak diatas...

selamat mencoba!!


by : dapur inggit

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...