14.3.11

serundeng iga serba sisa


bahan yang tersisa dari satu proses memasak selalu bisa jadi menu baru lho. contohnya, kelapa parut yang telah dikukus, sisa membuat klepon beberapa saat lalu. mula-mula saya bingung mau diapakan sisa kelapa parut yang cukup banyak itu. memang agak kemaruk juga sih waktu menyelep kelapa, belinya satu butir. padahal adonan kleponnya mungkin cuma 500 gram saja.

ibu saya memberi usul brilian: dijadikan serundeng saja. kebetulan saya juga lagi punya rebusan iga sapi sisa membuat kaldu untuk makanan pendamping ASI (MPASI)-nya si kecil Aqil. jadilah saya memasak serundeng iga yang bahannya serba sisa. hehehe...
apa yang mau disiapkan ya? kelapa sudah diparut dan iga sudah direbus empuk. langsung saja siapkan bumbunya yang sama dengan resep bacem: bawang merah, bawang putih, ketumbar, semuanya dihaluskan dan tambahkan garam. lengkuas dimemarkan, dan jangan ketinggalan daun salam serta gula merah.

masaknya ya tinggal cemplungkan kelapa parut dalam wajan yang berisi iga dan kaldunya, tambah air lagi, cemplungkan bumbu, aduk-aduk sampai mengering. jadilah serundeng.


meski namanya serba sisa, tapi rasanya tetap juara dong. apalagi kalau dimakan pakai nasi putih hangat dan tanpa intervensi lauk lain. sayangnya, suami saya kurang doyan dengan makanan manis seperti serundeng ala saya. maka, masakan 'dapurpiqa' kali ini tak ludes oleh suami, melainkan oleh ayah-ibu-dan adik saya. tak apalah, yang penting tetap laris, hehehe :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...