30.3.11

sop kambing tolak bala ha ha ha...


perkara musim tak lagi rapi, kita semua telah mafhum. dan tak heran pula jika pada musim yang aneh ini banyak diantara kita ketangguhan tubuhnya menurun drastis, umumnya sebab serangan flu. sekitar dua minggu lalu saya menjadi salah satu korbannya, yang kemudian estafet ke anak saya, lalu ke suami saya.

musim meriang yang menjangkiti kita juga bisa jadi pertanda, sebagai alarm kekebalan tubuh sedang anjlok, butuh istirahat, dan butuh makanan bergizi. bagi saya, santapan yang paling cocok pada saat itu adalah sop kambing.

membuat sop kambing sendiri jelas lebih banyak untungnya. satu kilogram kambing bisa digunakan untuk sepanci sop dengan daging melimpah, bahkan saya masih bisa menyisakannya untuk membuat tongseng dan nasi goreng kambing lho. bikinnya juga nggak terlalu repot kok.


saya memilih paha kambing bagian belakang yang memiliki daging cukup banyak. selain itu, jangan lupa beli tambahan tulang kambing agar sop jadi lebih sedap.

mula-mula, rebus air dalam panci sampai mendidih. begitu air mendidih, masukkan daging kambing dan tulang yang telah dicuci, dan kecilkan api agar daging termasak sempurna hingga empuk. waktu merebusnya sekitar 45 menit sampai satu jam, atau kalau malas menghitung, kira-kira saja. biasanya daging sudah empuk kalau rebusan air tinggal separuh panci.

sambil menunggu daging empuk, siapkan bumbunya yang gampang banget. agak mirip dengan sop ala inggit, bedanya saya menambahkan jahe untuk menghilangkan bau prengus kambing.

- 10 siung bawang putih
- 2 sdm lada
- biji pala
- garam
- kayu manis
- cengkeh
- jahe dimemarkan
- bawang bombay dan daun bawang dirajang


lada, biji pala, bawang putih dan garam diulek, namun bawang putihnya cukup diulek kasar seperti ini saja.


siapkan penggorengan, tumis bumbu ulekan berupa bawang putih, biji pala dan lada, serta irisan bawang bombay. masak sampai harum, lalu masukkan jahe, cengkeh, kayu manis, serta daun bawang. tumis sampai layu. kalau sudah, masukkan ke dalam panci berisi rebusan daging dan tulang. masak sekitar 20 menit. jadilah sop kambingnya.


makan sop kambing kurang lengkap tanpa acarnya. bukan hanya sebagai pelengkap, tapi juga untuk menyeimbangkan santapan yang berlemak. jika sop kambing sebagai makanan panas adalah 'yang', maka acar adalah 'yin'-nya.


membuat acara juga sangat mudah. potong dadu wortel, ketimun yang telah dibuang bagian isinya, dan bawang merah, kalau punya nanas juga boleh dimasukkan. beri sedikit garam dan gula, tambahkan sedikit cuka dan air.

hidangkan sop kambing dengan irisan tomat, seledri, perasan jeruk limau dan irisan cabe rawit jika suka pedas. sempurnalah menu penolak bala... eh, maksudnya menu hangat dan penambah tenaga ini, hehehe... selamat makan!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...