20.3.11

tempeee..tempee mendoan!

status twitter saya di 18 maret 2011 -- "@ @, hr ini mlai "ndapur" :D msk yg mdh2,hehe..lodeh+tempe mendoan dan uji coba mbok happy "cake durian"..smg brhasil :D". dan balasan piqa -- "@ tuh kan samaan, aku juga bikin mendoan dan punya stok lodeh terong kiriman ibuku... :))". JADI, menu lauk pauk kami berdua di hari itu SAMA..hahaha...

hari itu, 18 maret, saya mulai "ndapur" setelah absen beberapa minggu. entah kenapa, pengennya bikin tempe mendoan, sambel terasi dan sayur lodeh plus ikan asin...hmmm...nyam..nyam...

tempe mendoan, gorengan khas purwokerto ini memang yahud banget. tapi perlu trik2 khusus biar tempenya nyemek-nyemek gitu, plus perlu takaran olahan tepung yang pas. namanya masih belajar, hasilnya belum persis banget kayak tempe mendoan purwokerto :D

kalo diliat potongannya, harusnya motongnya agak lebar dan lebih tipis :D baru sadar setelah digoreng dan disantap...walau gitu, 16 potong tempe mendoan ini langsung ludes dalam sekejap dan mengendap sempurna dalam perut saya dan wak arie...hahahha...


bikin tempe mendoan ini, relatif simpel banget. untuk bahan-bahannya :
- tempe, dipotong agak tipis
- daun bawang diiris
- tepung terigu
- haluskan : 3 siung bawang putih
- garam
- lada bubuk
- air untuk melarutkan tepung


1. larutkan tepung terigu, campur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan, tambahkan garam dan lada bubuk secukupnya.

2. siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng

3. gulingkan tempe ke dalam larutan tepung....goreng deh!!


tempe mendoan pun siap disantap sebagai lauk atau teman santai disore hari, colek sambal+kecap, dengan cabe rawit, okeee bangeetttt :D

selamat mencoba yaaa....#nunggu cerita mendoan-nya piqa...ndang di-upload piq! :)


by : dapur inggit

1 comment:

  1. aduh....tempe goreng...teringat jajanan waktu dikantin sekolah dulu ni...seplah...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...