2.4.11

balado tempe jeruk purut

ini bukan cerita tentang hantu jeruk purut. tapi tentang sebuah masakan bernama "tempe balado jeruk purut". penasaran kan? masakan balado biasa sih, tapi saya kasih irisan daun jeruk purut. hasilnya? lebih maknyus dan wangiiiiii...



ceritanya, di hari minggu bingung mau masak apa. ini cerita dua minggu lalu. beberapa setelah saya balik dari istirahat panjang di jogja. penngen masak yang ringan-ringan aja..jadi lah ini..*karena lagi bosen tempe goreng dan tempe penyet*...oya, ditambahin pete biar wanginya makin manteeepp :D


bahan-bahan:
  • bumbu dihaluskan -- 10 siung cabe merah, 5 siung bawang merah, dua siung bawang putih, 1/2 buah tomat -- digiling halus
  • 1 buah tempe panjang, dipotong panjang kecil2 agak tipis, digoreng
  • 1/2 batang pete, dipotong dadu kecil
  • 3 buah daun jeruk purut, diiris halus


caranya juga gampang banget kok:

1. tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, masukkan irisan daun jeruk purut

2. masukkan tempenya, tunggu sekitar 3 menit biar bumbu meresap

3. selesai deh! siap disantap dengan nasi panassss...

oya, saya itu kalo masak balado emang cuma bumbu inti itu aja. kan ada yang dikasih kencur biar lebih wangi atau jahe. bukannya ga suka, tapi kayaknya ribet dan kebetulan di dapur bumbu2 itu ga selalu tersedia, hehe...

oke deh, selamat mencoba!!



by: dapur inggit

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...