2.4.11

nyambel jengkol

mmm..saya dan wak arie memang penggemar jengkol. ada teman yang bergidik saat tau kami pendoyan jengkol. yang bikin bergidik, apalagi kalo bukan baunya. tapi jujur aja ni, bau jengkol ga "semenakutkan" yang orang kira kok, hehe...plus ada trik2 sendiri supaya baunya enggak "smriwing"..hahaha..well, setelah rendang jengkol dan jengkol tokok, kali ini saya bikin "sambel jengkol campur teri" :)


berhubung udah berulang kali masak jengkol dan sambel, saya hanya motret produk jadinya aja, hehe...tapi beberapa foto jengkol saya ambil dari postingan jengkol sebelumnya. oya, buat yang belum pernah "njengkol", jenis olahan jengkol yang ini highly recommended! hahaha..bayangpun, jengkol yang sepiring ini abis sama saya dan wak arie sekali makan!!! :D



sipppp...capcusss ke bahan-bahannya yaaa:
  • bumbu dihaluskan: 15 buah cabe merah, 6 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3/4 buah tomat
  • 3/4kg jengkol, direbus dengan 4 lembar daun jeruk purut (biar ga terlalu bau). tapi, lebih oke lagi kalo ngerebusnya sama daun jambu biji :)
  • 2 ons teri yang agak gede atau teri nasi juga bisa (teri nasi secukupnya)

caranya:

1. rebus jengkol dengan beberapa lembar daun jeruk purut atau daun jambu biji, hingga empuk









2. setelah empuk, bersihkan kulitnya. dan jengkolnya dikeprek atau ditokok,, biar tar bumbunya meresap hingga ke dalam tiap lapisan daging jengkol..jiaaaa.. :D

3. panaskan minya goreng secukupnya, masukkan teri yang udah dibersihkan, setelah terinya setengah mateng, masukkan bumbu yang sudah dihaluskan

4. setelah bumbu wangi, baru deh, masukkan jengkol. diubek-ubek 2-3 menit setelah meresap bumbunya, matiin apinya. jadi deh!! :)

siap dihidangkan!!


by: dapur inggit

4 comments:

  1. haaaaaaahhh.. kalo tau inggit pinter ngolah Mr Jengki, pas ngidam sambel jengki aku hubungin kamu aja yaaa... abisnya aku d cela2 karena koq ngidamnya tergolong "aneeehh"
    fyi; terakhir makan jengki pas SD soalnya... dan blom tau lagi rasanya gimana.. sampe kemimpi2 hahahahahhahahahha
    kirimiiin duuuooong....

    ReplyDelete
  2. hi ndaaa...sehat kan? hahaha..sini..sini ..kalo ke jakarta tak jamu jengkol :D tapi sebaiknya jangan dulu ding, hehe...

    ReplyDelete
  3. Jengkol. Makanan yang kalau belum diolah ga terlalu menarik, tapi kalau sudah diolah, pasti ketagihan dah

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...