5.4.11

tafsir dadar


a pancake is a thin, flat, round cake prepared from a batter, or dough in some cases, and cooked on a hot griddle or frying pan
ini adalah bukti bahwa makanan tidak mengenal batas: kue dadar. ia menjelma dalam wujud apa saja. orang prancis menyebutnya crêpe, bangsa jerman mengenalnya sebagai pfannkuche, di belanda ia bisa menjadi pannekoek maupun poffertjes. kue dadar yang disebut orang amerika sebagai pancake dapat pula diasosiasikan dengan hotcakes, griddlecakes, maupun flapjacks. 

nama-nama itu hanya sebagian dari berbagai penganan yang bagi saya adalah rumpun penganan dadar. di indonesia, terutama di jawa, barangkali dadar lebih akrab dengan isian berupa campuran parutan kelapa. namun serabi solo yang tipis dengan adonan telur serta santan dapat pula ditafsirkan sebagai dadar. demikian pula roti maryam sebagai makanan peranakan arab, atau roti cane yang berbau india. mungkin juga, jika kita sepakat, lempeng yang makanan banjar itu juga termasuk kelas dadar :)


suatu hari, saya pun tergiur membuat pancake, dadar barat yang tampaknya gampang. apalagi, saya tinggal mencontek resep pancake-nya inggried yang telah teruji. saya membuatnya dengan ketebalan yang minimum. mungkin, pancake saya lebih dekat dalam kategori crêpe.


permukaannya saya pulas dengan topping madu, sebagian lainnya saya beri susu kental manis rasa coklat, ada pula yang saya isi dengan keju parut. hmmm... benar ya, si dadar ini sederhana, mudah dibuat, namun menggugah selera, terutama untuk disantap saat memulai hari. mungkin inilah yang membuatnya begitu universal.


ngomong-ngomong, saya baru tahu lho kalau hari selasa sebelum paskah di kanada, inggris, irlandia dan selandia baru dirayakan sebagai pancake day. jadi meski saya tak merayakan paskah dan meski ini hanya hari selasa biasa, saya mau mengucapkan: selamat hari dadar, semoga hari ini bisa menjadi selasa yang luar biasa untuk kita semua :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...