24.6.11

daur ulang burjo 2


edisi daur ulang burjo masih berlanjut. kali ini, saya mendaur ulang bubur kacang hijau menjadi gandas turi. itu lho, salah satu nyamikan yang biasa dijual di tukang gorengan. bentuknya pipih, terbuat dari kacang hijau dan terigu. rasanya kombinasi antara manis dengan gurih.

seperti biasa, gorengan selalu menjalani perannya sebagai makanan yang sederhana, tanpa kenjlimetan, tanpa repot-repotlah pokoknya. tapi supaya berbeda dengan gandas turi ala tukang gorengan, maka saya membuat gandas turi dengan keju.


langkah pertama adalah menyiapkan kacang hijau. mula-mula kacang hijau yang telah direbus ditiriskan. kemudian sangrai di wajan dengan menambahkan beberapa sendok gula pasir sesuai selera. setelah kacang hijau mengering, tunggu sampai agak dingin kemudian kepal-kepal supaya padat. bentuknya bisa bulat atau pipih.

adonan kulitnya juga gampang banget, aduk terigu dengan sedikit garam, keju parut dan air. selanjurnya celupkan kacang hijau yang sudah dikepalkan ke dalam adonan tersebut. siapkan minyak panas dalam wajan, cemplungkan, goreng dengan api kecil sampai kulitnya berubah warna agak kecoklatan.


kalau doyan banget sama keju dan tidak sedang diet, sah-sah saja mengoptimalkan keju parut saat menghidangkan si gandas turi. rasanya makin gurih dan penampakannya makin cantik. cobain deh...

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...