5.6.11

perkedel tempe

kalo makanan yang ini bener-bener fresh! dimasak hari ini, dan langsung saya unggah. mumpung semangat :D *pdhl banyak stok lama yang belum diunggah juga, hehe*. awalnya, tadi malem kepikiran, mumpung libur masak yang belum pernah dicoba ah. akhirnya mbongkar koleksi buku resep. nemu deh, "perkedel tempe". tadinya mau bikin rollade, tapi foto perkedel tempe di buku resep lebih menggoda untuk dicoba.


tapi, lagi-lagi, saya bikinnya ga plek-plekan kayak di resep rujukan. prinsipnya, menyesuaikan dengan apa yang ada di kulkas :) mmm...maaf ya, cerita perkedel ini juga ga pake basa-basi dengan cerita yang lebih panjang, hehe...langsung capcus ke dapur aja yaaa!!

bahan:
- 1 batang tempe bungkus daun/plastik, potong-potong, terus kukus
- 1 batang daun bawang, iris
- 4 siung bawang merah, iris kecil
- haluskan: 5 siung bawang merah+garam secukupnya
- 1 butir telur
- 4 sdm tepung terigu


tempe kukus yang dihaluskan...diremes2 aja ding!
daun bawang+bawang merah campuran perkedel, diiris

baluran tepung:
- 2 butir telur
- tepung, campur dengan lada bubuk+garam


caranya:
- campur tempe kukus dengan bumbu yang sudah dihaluskan (bawang putih+garam), irisan bawang merah, daun bawang, dan satu butir telur ayam. aduk rata. tambahkan tepung terigu. aduk rata lagi

- bentuk bulat-bulat sampai adonan habis

- gulingkan bulatan tempe ke telur yang sudah dikocok lepas


- balurkan ke tepung



- setelah itu, goreng deh! oya, kalo enggak dibalur tepung juga enggak apa-apa. abis digulingkan di telur, langsung goreng :)

siap santap!! selamat mencobaaaaaaaaaaa


by: dapur inggit

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...