4.6.11

sayur koecai [kucai]

dulu, semasa masih di medan, ibu saya terbilang sering memasak sayuran ini: kucai. lama tak pernah melihatnya, tiba-tiba, saat belanja malam di pasar palmerah, melihat setumpukan sayur kucai ini di salah satu lapak pedagang. wow! harganya murah! satu ikat isi 5 ikatan kecil hanya 1000 perak. saya beli tiga ikat. meski hanya untuk makan berdua, jadinya ga terlalu banyak. setelah dimasak, kucai ini "mimpes" :D



sik..sik..sebelum cerita soal sreng-sreng si kucai ini. saya sempat penasaran, asal muasal kucai. berdasarkan pencarian mbah google, kucai ini nama latinnya Allium tuberosum (ribet yak). kalo disini kita nyebutnya kucai, di negara-negara lain sebutannya: chive, garlic chives, Chinese chives, jiu tsai, gau tsoi (Cina); nira (Jepang); kutsay, amput, imayyaw (Filipina); kui chaai, hom paen (Thailand); bong he (Vietnam); buchu (Korea). ternyata, tanaman ini berasal dari keluarga bawang-bawangan. makanya, agak2 wangi bawang meski ga setajam daun bawang.


karena aromanya lebih ke aroma bawang putih, dalam bahasa londonya disebut garlic chives. nama china, Chinese chives. kenapa ada nama china? karena, kucai ini juga sering dipakai dalam berbagai masakan china. ternyata eh ternyata, sayur murah meriah ini kandungan zat gizinya tinggi looo. berkhasiat mencegah penyakit kanker dan hipertensi, bisa menurunkan kadar kolesterol darah. kucai juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibiotik, antikanker, dan antibakteri.

wis..wis...sekarang longok dapur saya ya! kita sreng2 si kucai ini... :)

saya memilih untuk mengolahnya seperti biasa ibu saya mengolahnya: ditumis. sayangnya, saya lupa membeli tauge. padahal, kucai ini mantepnya kalau ditumis dengan tauge dan tahu. akhirnya, ya cuma pake rencahan tahu aja.

bahan:
- sayur kucai
- diiris: 6 buah cabe merah, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih (dikeprek aja, lbh wangi), tomat secukupnya
- tahu putih


sayur kucainya dipotong-potong, tahunya dipotong dadu ...


masaknya sih, sama aja dengan masak tumis biasa. tumis dl bumbu2 irisnya, kasih air, garam secukupnya, baru masukin tahu. setelah 3 menit, masukkan sayur kucai, tunggu deh sampe layuuu :)


pasangan sayur ini, saya goreng tempe tepung dan request suami saya, wak arie, yang pengen telor bulet (rebus) balado.

tempe goreng tepung
telur bulat balado+kentang+teri :)

lengkap deh, makanan siang itu :D siap santaaaapppp...selamat mencoba ya!!

by: dapur inggit

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...