30.7.11

rich chocolate tart [tantangan KBB #24]

akhirnyaaaaa...jadi juga tantangan KBB #24 ..alhamdulillah, enggak seribet yang dibayangkan dan hasilnya, menurut saya, memuaskan :D cokelat banget deh..namanya aja RICH CHOCOLATE TART!


dalam setiap tantangan, selalu ada pelajaran baru. ini tantangan KBB kedua yang saya ikuti. tantangan pertama, sugar cage, mulus dilalui. seharusnya sih ikut KBB #23 "cheesy fun". tapi berhubung lagi suibuk (nggaya), akhirnya lewat. untung masih dikasih satu kali lagi kesempatan. yuk, ikuti cerita tantangan ini!

awalnya, saya seperti biasa, selalu terlongo-longo membaca bahan-bahan kalo bikin pastry. maklom, istilahnya istilah per-baking-an, jadi agak2 awam. ga kebayang yang namanya sugar caster, icing sugar, dkk. ternyata, menurut saya sih, sama aja sama gula bubuk yang saya biasa beli! hahaha...karena takut salah, akhirnya dibeli juga. hmmm...harganya lumayan yeee...ukuran 500gr icing sugar IDR 24.000, trus sugar caster-nya ukuran bungkus 500gr sekitar 30.000 kalo ga salah. dan tahukah Anda, yang saya pakai hanya 55gr...hahaha...*abis ini cari resep yang pake dua jenis gula ini*

oya, satu lagi krim kental-nya, ternyata ukurannya 1 liter semua ..hmmm...1 liter IDR 58.000 ya sodara2...dan cuma dipake 80ml! ada ide, kita bikin apa ni krim? :D

eh, yuk ah..ke cerita tart cokelat ini...

5.7.11

daur ulang burjo 3


sekuel daur ulang bubur kacang hijau masih belum tamat. kali ini, kacang hijau sisa burjo menjelma jadi si bulat berjerawat nan lezat: onde-onde. jajanan pasar ini nggak sulit kok bikinnya. saya mulai belajar membuatnya saat masih jadi anak SD. waktu itu, saya masih tinggal di trawas, jawa timur dan punya tetangga yang berjualan jajanan pasar, termasuk klepon yang pernah saya unggah ceritanya itu lho.

selain klepon, tetangga saya itu juga berjualan onde-onde. saya yang masih kecil dan sering bermain di rumahnya pun sering ikut-ikutan membantu (maksudnya, merecoki) membuat onde-onde. ingatan saya menggambarkan proses pembuatan onde-onde dengan sederhana: uleni adonan, bikin bulatan, pipihkan, masukkan kacang hijau, gulingkan di wijen, goreng, dan selesai.

4.7.11

ikan bakar yang tak dibakar


ikan bakar adalah makanan yang saya suka-suka-sukaaaa bangeeeet. seumur hidup saya nggak pernah dan nggak mau berpantang dengannya. waktu saya hamil dulu, banyak orang yang mewanti-wanti saya, jangan makan ikan bakar. tapi karena dokter kandungan saya mematok rumus 'asal tidak kebanyakan', maka saya pun dengan senang hati menjadikannya acuan :) kalau ibu hamil lain cuma bisa menelan ludah menahan diri dari nikmatnya ikan bakar, saya sebaliknya: serbuuuu!

tentu saja saya tidak menutup mata, bahwa makanan yang dibakar cenderung mengandung zat-zat karsinogen alias pemicu kanker. tapi ya ujung-ujungnya tentu soal pilihan. dan saya memilih tetap sehat dan tetap menikmati hidup dengan makan enak. hohoho maunyaaa... artinya, saya tetap tidak menolak makan ikan bakar, asalkan tidak menyantapnya tiap hari. hehehe...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...