30.7.11

rich chocolate tart [tantangan KBB #24]

akhirnyaaaaa...jadi juga tantangan KBB #24 ..alhamdulillah, enggak seribet yang dibayangkan dan hasilnya, menurut saya, memuaskan :D cokelat banget deh..namanya aja RICH CHOCOLATE TART!


dalam setiap tantangan, selalu ada pelajaran baru. ini tantangan KBB kedua yang saya ikuti. tantangan pertama, sugar cage, mulus dilalui. seharusnya sih ikut KBB #23 "cheesy fun". tapi berhubung lagi suibuk (nggaya), akhirnya lewat. untung masih dikasih satu kali lagi kesempatan. yuk, ikuti cerita tantangan ini!

awalnya, saya seperti biasa, selalu terlongo-longo membaca bahan-bahan kalo bikin pastry. maklom, istilahnya istilah per-baking-an, jadi agak2 awam. ga kebayang yang namanya sugar caster, icing sugar, dkk. ternyata, menurut saya sih, sama aja sama gula bubuk yang saya biasa beli! hahaha...karena takut salah, akhirnya dibeli juga. hmmm...harganya lumayan yeee...ukuran 500gr icing sugar IDR 24.000, trus sugar caster-nya ukuran bungkus 500gr sekitar 30.000 kalo ga salah. dan tahukah Anda, yang saya pakai hanya 55gr...hahaha...*abis ini cari resep yang pake dua jenis gula ini*

oya, satu lagi krim kental-nya, ternyata ukurannya 1 liter semua ..hmmm...1 liter IDR 58.000 ya sodara2...dan cuma dipake 80ml! ada ide, kita bikin apa ni krim? :D

eh, yuk ah..ke cerita tart cokelat ini...
bahan-bahannya:


Pastry
185g tepung terigu
25g coklat bubuk
55g icing sugar mixture
150g mentega dingin, cincang
2 kuning telur
1 sdt air dingin

Cara membuat pastry:

Campur tepung, bubuk coklat, gula dan mentega di dalam mangkuk FP, lalu proses hingga tercampur rata. Masukkan kuning telur dan air, proses lagi hingga menggumpal. Uleni adonan hingga lembut. Tutup menggunakan plastik, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

Panaskan oven, suhu sedang (moderate). 

Giling adonan pastry hingga cukup lebar untuk memuat loyang tart bongkar pasang ukuran 24cm yang sudah diolesi mentega hingga ke sisi2nya. Letakkan pastry ke dalam loyang, tekan-tekan ke sisi-sisinya, lalu ratakan pinggirannya. Tutup, dinginkan di kulkas selama 30 menit.

tahapan pembuatan pastry: -dari kiri atas sampai ke kanan bawah-: 1. campur terigu, mentega, icing sugar, mentega. aduk rata. 2. setelah adonan halus, masukkan kuning telur, aduk. 3. tutup plastik, masukkan kulkas selama 30 menit. 4. keluarkan adonan, letakkan di loyang hingga ke sisinya, tutup plastik lagi, masukkan kulkas lagi 30 menit. setelah itu panggang, 15-20 menit.


Tutup pastry dengan baking paper, isi dengan kacang2an kering atau beras, letakkan di atas loyang oven. Panggang tanpa ditutup selama 15 menit. Keluarkan kertas dan kacang2an/beras, panggang lagi 10 menit hingga sedang kecoklatan. Dinginkan.

Chocolate Filling
4 kuning telur
2 butir telur
55g gula caster
80ml krim kental
300 DCC, lelehkan
1 sdt ekstrak vanilla

Cara membuat chocolate filling:

Kocok kuning telur, telur dan gula caster di dalam mangkuk kecil dengan mixer hingga kental dan creamy. Masukkan krim, coklat dan ekstrak. Tuang adonan coklat ke dalam pastry yang sudah dipanggang. Panggang selama 30 menit atau hingga filling matang/set. Dinginkan selama 10 menit. Jika suka taburi dengan ekstra coklat bubuk, hidangkan.


tahapan pembuatan chcolate filling: -dari kiri atas sampai ke kanan bawah-: 1. aduk dgn mixer yaitu telur, krim dan sugar caster, sampai creamy. 2. masukkan cokelat, ekstrak vanila. 3. aduk rata. 4. tuangkan ke adonan pastry yang telah dipanggang.

inilah pastry+filling chocolate yang sudah dipanggang:



dinginkan sebentar, baru siap dipotong! dan disajikan...ini gallery fotonya yaaa...haha...lama ga berbagi cerita, saya maruk motret :D






selamat mencoba! doakan saya lulus yaaa...biar bs jadi anggota Klub Berani Baking, hehehe...

by: dapur inggit

3 comments:

  1. Well done! Enak kan ya tart-nya hehehe aku jg sukaaaaaaaaa!

    ReplyDelete
  2. hi mbak arfiii...iya, enaaakkk...hehehe...tantangan selanjutnya mau ikut lagi yaaa :D

    ReplyDelete
  3. hi mba, kenalkan aku rheina. kue nya bener2 bikin keruyukan saat puasa deh. oh ya, aku boleh minta email mba, karena aku mau kirim undangan demo masak. emailnya boleh dikirim ke ariestia_rhindi@yahoo.com thanks

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...