25.11.11

sambal gandaria, untuk perut yang merdeka


sambal ini adalah makanan orang-orang yang merdeka. serius lho. untuk bisa menikmati sambal ini kita harus memiliki perut yang bebas, tidak terancam maag, tidak berisiko diare dan masalah pencernaan lainnya. kenapa begitu? selain karena rasanya asam dan pedas yang ekstrim, sambal ini sering membuat lupa diri.

paling tidak, itulah yang terjadi pada saya. setiap kali melahap makanan dengan sambal gandaria, saya mendadak memiliki nafsu makan yang menggila. hanya sambal gandaria yang ditemani lauk tempe goreng saja saya bisa habiskan nasi dua piring. kalau lagi parah, bisa sampai tiga piring. nah, selanjutnya bisa diduga, setiap yang berlebihan terbukti berakhir menyengsarakan: perut jadi begah. hilanglah rasa nikmat di awal tadi :(



rasa si mungil gandaria mungkin agak mirip pencit, mangga muda yang juga sedap sebagai campuran sambal terasi. tapi menurut saya, gandaria yang beredar di pasaran mengikuti musim ini terasa lebih renyah dibandingkan mangga. jadi selain asam segarnya, krenyes-krenyesnya itu membuat gandaria lebih istimewa.

tak repot membuat sambal gandaria. siapkan saja bahan-bahan sambal terasi yaitu cabe rawit, garam, gula dan terasi. ulek halus semua bahan sambal, lalu tambahkan daging buah gandaria yang telah dicacah kecil-kecil, penyet-penyet sebentar tapi jangan haluskan. tak perlu membuang bagian kulit gandaria karena disitulah letak kerenyahannya. yang penting, cuci bersih terlebih dahulu lalu buang bagian bijinya yang berwarna keunguan dan pahit itu.

akhirul cerita, mari kita nikmati rasa otentik sambal gandaria dengan nasi putih hangat bersama lauk sederhana, seperti tempe goreng atau ikan asin. tapi sekali lagi, bebaskan dulu diri anda dari segala risiko sakit perut ya. merdeka! :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...