18.5.11

rolade tongkol


makanan ini, mungkin bisa jadi semacam perkedel tongkol, atau bisa juga nugget tongkol. tapi karena ibu saya menyebutnya 'rolade tongkol', saya jadi terlanjur lekat dengan nama tersebut.

membuat rolade tongkol berarti membuat dapur saya jadi 'meriah' (maksudnya berantakan). lumayan banyak juga yang harus disiapkan. apalagi dibuntel pakai daun pisang. jadi yaa, bayangkanlah hectic-nya seperti membuat pepes, hehehe...

bahan utamanya adalah ikan tongkol yang sudah dipindang. namun pindang yang ini bukan sop ikan asam pedas yang juga disebut pindang. melainkan pindang sebagai hasil proses merebus dan menggarami ikan.  pindang tongkol ini mula-mula dihancurkan jadi remah-remah kecil. pakai tangan saja deh yang paling cepat. asal nggak lupa cuci tangan dan nggak disambi ngupil ya, hehehe...

si gule iga sapi


lagi punya banyak waktu? yuk mari memasak yang ribet-ribet, seperti gule yang bumbunya seabrek dan mengandung santan pula. biasanya yang menjadi bahan gule adalah daging kambing, tapi karena saya harus memanfaatkan sisa iga sapi yang sudah diambil kaldunya untuk MPASI anak saya, maka jadilah masakan ini bernama gule iga sapi.

hmm, saya langsung teringat dengan gultik alias gule tikungan, yang pedagangnya mangkal di tikungan daerah Blok M, tepatnya dekat Blok M Plasa dan SMA 6. sayangnya saya belum pernah mencoba gule sapi itu meski dulu setiap pulang liputan dari kejaksaan agung, selalu melewati tikungan itu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...