4.6.11

tahu asam pedas...das!!

tahu asam pedaaasss

hiyaaaaa...ini masakan udah dua bulanan lalu masaknya :D baru sempet di-share sekarang, setelah tadi siang dimention @rafiqa dan ditagih, mana ceritamu? hahaha..akhirnya mbongkar2 file yang belum diaplod..dalam sebulan ini, aktivitas masak jalan terus. jepret2 jalan terus..tapi ya itu, waktu untuk ngaplodnya yang harus dicari enaknya...berbagi cerita itu perlu mood *cari pembenaran* ..nah, saking lamanya, saya sampe lupa, dimana nyimpen foto step-step masak makanan ini...jadi yaaaa, cuma foto seadanya, hehe..yuk ah, langsung aja ya!!

sayur koecai [kucai]

dulu, semasa masih di medan, ibu saya terbilang sering memasak sayuran ini: kucai. lama tak pernah melihatnya, tiba-tiba, saat belanja malam di pasar palmerah, melihat setumpukan sayur kucai ini di salah satu lapak pedagang. wow! harganya murah! satu ikat isi 5 ikatan kecil hanya 1000 perak. saya beli tiga ikat. meski hanya untuk makan berdua, jadinya ga terlalu banyak. setelah dimasak, kucai ini "mimpes" :D



sik..sik..sebelum cerita soal sreng-sreng si kucai ini. saya sempat penasaran, asal muasal kucai. berdasarkan pencarian mbah google, kucai ini nama latinnya Allium tuberosum (ribet yak). kalo disini kita nyebutnya kucai, di negara-negara lain sebutannya: chive, garlic chives, Chinese chives, jiu tsai, gau tsoi (Cina); nira (Jepang); kutsay, amput, imayyaw (Filipina); kui chaai, hom paen (Thailand); bong he (Vietnam); buchu (Korea). ternyata, tanaman ini berasal dari keluarga bawang-bawangan. makanya, agak2 wangi bawang meski ga setajam daun bawang.


karena aromanya lebih ke aroma bawang putih, dalam bahasa londonya disebut garlic chives. nama china, Chinese chives. kenapa ada nama china? karena, kucai ini juga sering dipakai dalam berbagai masakan china. ternyata eh ternyata, sayur murah meriah ini kandungan zat gizinya tinggi looo. berkhasiat mencegah penyakit kanker dan hipertensi, bisa menurunkan kadar kolesterol darah. kucai juga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan, antibiotik, antikanker, dan antibakteri.

wis..wis...sekarang longok dapur saya ya! kita sreng2 si kucai ini... :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...