23.2.12

kulit lumpia untuk segalanya


sekali lagi, ini cerita tentang kulit lumpia yang banyak membantu saat mati gaya mengolah makanan. si kulit lumpia ini gampang dijumpai di pasar maupun gerobak sayur keliling dan gampang sekali diakali untuk berbagai menu, meski cara mengolahnya akan nggak jauh dari penggorengan -mungkin suatu hari saya harus bereksperimen dengan metode lain.

beberapa menu yang pernah saya bikin dengan si kulit lumpia ini bukan hanya berjudul lumpia. ada juga martabak telur mungil, martabak tahu yang tak sempat saya potret, dan kali ini lumpia-lumpiaan yang saya comot resepnya dari kemasan keju cheddar. saya sebut lumpia-lumpiaan karena isiannya manis, tak seperti pada umumnya lumpia yang gurih.


cemilan ini dibuat tanpa rencana. hanya karena kebetulan bahan-bahannya (kulit lumpia, kurma, keju, margarin) tersedia di kulkas dan melihat resepnya, nampak tak merepotkan. cara mengolahnya tak makan waktu, cocok buat saya yang punya anak sedang lincah-lincahnya dan selalu minta perhatian penuh.


tak sampai sepuluh menit untuk menyiapkannya. keju diparut, kurma dipotong dadu kecil, tumis sebentar keju dan kurma itu dengan margarin. selanjutnya, siapkan kulit lumpia dan masukkan kurma-keju yang telah ditumis, dan lipat ala lumpia. yak, goreng dengan api kecil agar tak lekas gosong.



belum cukup keju di dalam, lumpia kurma keju ini direkomendasikan sang pembuat resep agar disajikan dengan parutan keju cheddar. yang terakhir ini, silakan menyesuaikan selera masing-masing, kalau saya sih termasuk golongan pecinta limpahan keju.

ada yang familiar dengan jajanan ini? saya baru ingat, tak jauh dari rumah saya rupanya juga ada penjual lumpia serupa. isiannya macam-macam, mulai dari pisang, meises coklat, tapai singkong, sampai nanas! nah, benar kan, kulit lumpia ini bisa diisi segalanya :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...