9.2.12

obsesi sambal goreng krecek


di salah satu sudut terminal manggarai jakarta yang sumuk dan selalu terlihat letih, ada sepetak surga kecil untuk perut saya. surga kecil itu tak lain warung gudeg yang berada di seberang timur pasaraya, di samping sebuah minimarket. syahdan, warung yang saya lupa namanya itu sudah ada sejak ibu saya masih kecil. juaranya tentu gudegnya. tapi sambal goreng kreceknya juga pendamping yang sempurna.

santapan nan lezat itu seringkali melahirkan obsesi untuk mencobanya di rumah. penasaran, apalagi setelah tante saya menghidangkan sambal goreng krecek saat saya menyambanginya. "masa sih saya nggak bisa bikin?" suatu ketika saat ngobrol ngalor ngidul dengan ibu, saya baru tahu kalau masakan ini tak serumit yang saya bayangkan. yuk deh cobain resep ala ibu saya ini.


bahan utamanya yang jangan sampai alpa tentu saja krecek alias kerupuk kulit. yang dari jawa timur biasanya menyebut kerupuk rambak. sedangkan bahan pelengkapnya adalah:
- tahu potong dadu, goreng setengah matang
- tempe potong dadu atau panjang
- kacang tolo atau kedelai merah, rebus sampai empuk (karena saya tak menemukan kacang imut itu di tukang sayur langganan, jadi saya pakai yang versi raksasa: kacang merah :)


bumbu halusnya:
- 4 buah cabai merah besar
- 7 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 1 sdt terasi
- garam - gula

siapkan juga:
- 2 gelas santan kental
- daun salam dan lengkuas dimemarkan


bumbu halus ditumis sampai harum, tambahkan daun salam dan lengkuas. masukkan santan, aduk-aduk supaya tidak pecah. masukkan tahu, tempe, krecek, dan kacang tolo yang sudah direbus. masak sekitar 15 menit sampai santan mengental.


sambal goreng krecek saya sempat kelebihan garam. tapi untung saja tak perlu repot mengatasinya. tinggal masukkan irisan kentang, maka rasa asinnya akan berkurang. endingnya, sambal goreng krecek ini laku keras disantap suami, adik ipar, dan ibu saya, agaknya menjadi bukti bahwa rasanya tak kalah lezat dengan milik warung gudeg di manggarai itu :)


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...