13.4.12

ini gara-gara chef karen carlotta!


yak, saya penasaran berat membuat rolade ayam kemangi ini gara-gara chef karen carlotta. saya bertemu chef cantik itu beberapa waktu lalu bersama inggried, dan sejumlah kawan blogger di salah satu resto di kawasan sudirman. chef yang biasa dipanggil KC itu mendemonstrasikan hidangan yang agak mirip chicken cordon bleu. 

dari dulu, saya sang pemasak rumahan belajaran amatiran nan sering gagal ini, selalu heran dengan: bagaimana seseorang bisa memasukkan keju ke dalam daging ayam untuk kemudian menguncinya dengan bread crumb, lantas matang hingga kedalaman, lantas... ah, bayangkan saja saat-saaat lelehan keju lumer di lidah.

tapi saya dan inggried langsung terinspirasi. "yuk, ntar kita bikin cordon bleu yuk?" walaupun chef KC menyebut nama masakannya rolade ayam kemangi, dan antara keduanya memiliki isian yang jauh beda. tetap saja kami terus-terusan menyebut cordon bleu. hihihi...

selang beberapa hari kemudian, akhirnya saya punya waktu untuk 'masak aneh-aneh' alias menjajal resep baru yang bukan masakan sehari-hari. langsung saja terpikir dengan chicken cordon bleu. eh tapi kok ya kulkas saya tak punya stok melting cheese  dan daging asap. walhasil, kembalilah saya pada resep chef KC itu.


begini bunyi resep aslinya:

bahan-bahan
-2 pcs dada ayam tanpa tulang, bagi dua, belah memanjang
-garam dan lada
-150 gram mentega unsalted, suhu ruang
-1/2 pack kaldu gel ayam
-3sdm kemangi, cincang
-1 butir telur
-4sdm terigu
-100 gram tepung roti kasar
-minyak untuk menggoreng

cara membuat
-lumuri dada ayam dengan garam dan lada, pipihkan dengan sisi tumpul pisau
-campur rata mentega, kaldu gel, kemangi cincang. bagi rata diantara 4 bagian dada ayam. lipat hingga tertutup. lumuri dengan terigu
-lumuri dengan telur, lalu lumuri dengan tepung roti
-panaskan minyak, goreng dengan api sedang hingga matang


tentu saja saya tak memakai kaldu gel instan seperti yang dipakai chef KC. sudah cukuplah tubuh saya dirasuki penyedap, pemanis, pewarna saat saya jajan di luar rumah. sungguh sadis kalau masakan rumahan pun masih harus diberi zat-zat aditif tersebut.

lalu bagaimana mengakali kaldu gel-nya? oh itu gampang sekali jika kita biasa punya stok ayam ungkep. pada hakikatnya, kaldu adalah saripati rebusan daging dan tulang ayam dengan tambahan rempah-rempah. tak beda dengan mengungkep ayam kan? nah, saat endapan bumbu ayam ungkep itu mulai membeku dalam suhu ruang, wujudnya akan berubah mirip gel. itulah yang saya pakai. rasanya mungkin tak sekuat kaldu instan. tapi tetap gurih dan sudah pasti bebas MSG. lha bumbunya pilihan saya sendiri, saya ulek sendiri :)


selain kaldu instan, sisanya saya nurut dengan resep itu. eh tapi kok ribet sekali ya. mulai dari membelah ayam, saya sudah keteteran. saat mencoba memipihkan ayam, kok malah sobek dagingnya. dasar pemasak amatir :( belum lagi ketika 'membungkus' ayam, saus kemanginya mbleber ke segala penjuru. hadeeeh... sungguh berbeda dengan aksi chef KC yang melakukan semua itu dengan santainya dan sukses pula. namanya juga chef profesional...


kerepotan selanjutnya adalah saat memindahkan ayam dari celupan telur menuju tepung roti. walah, benar-benar bikin saya panik. dan puncaknya, saat menggoreng... sungguh proses yang sangat emosional.

tentu saja semua itu tergantikan dengan komentar positif dari sang penikmat utama masakan saya: "enak kok bu." dan kemudian santapan itu ludes dalam waktu singkat. saya jadi percaya diri. ah ya, penampakan rolade ayam kemangi buatan saya cukup meyakinkan kok, rasanya not bad alias lumayan, dan saus kemanginya yang wangi itu... ternyata bisa juga lumer menggoda seperti cordon bleu :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...