30.8.12

bukan sarden kalengan



siapa yang tak suka sarden kalengan? saya suka. bohong kalau saya bilang tidak suka. hampir semua makanan kalengan selalu punya godaan: praktis dan enak, rasanya pas. tapi godaan itu sepadan juga dengan risikonya yang seperti ini dan seperti ini.

terus terang, saya bukan orang yang saklek dengan makanan, harus benar-benar alami, harus benar-benar higienis, harus benar-benar bergizi, dll. adakalanya nafsu lidah ini saya akomodir dengan makanan yang kurang sehat. tapi tentu saja, sebisa mungkin mengurangi risiko-risiko dari makanan yang tidak saya ketahui persis asal-usul bahan dan proses membuatnya. salah satu caranya, dengan membuat sarden rumahan ini.

biasanya saya suka membuat sarden rumahan ini dengan ikan tongkol yang dipindang, atau ada juga yang menyebutnya cuwe tongkol. tapi kali ini, saya membuatnya dengan ikan kembung layang. dan sepertinya ikan salem atau kembung banjar oke juga dimasak sarden.

bahan-bahannya:
- dua buah tomat diblender atau diparut
- 3 sdm pasta tomat (yang diklaim produsennya terbuat 100 persen tomat, tapi kalau ragu bisa diganti dengan menambah lebih banyak tomat segar yang dihaluskan)
(kalau suka pedas, tambahkan bubuk cabe)
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1 buah bawang bombay, cincang halus
- seruas lengkuas, dimemarkan
- selembar daun salam
- 1 sdm lada bubuk
- 2 sdm minyak zaitun (bisa diganti dengan margarin)
- garam dan gula secukupnya


cara masaknya, tumis bawang putih dan bawang bombay dengan minyak zaitun sampai harum. masukkan tomat, pasta tomat, lengkuas, daun salam, masukkan lada bubuk, gula dan garam. masukkan ikan, dan terakhir, tambahkan air.


memasak sarden ini bisa dilakukan di wajan biasa yang ditutup rapat, panci presto, maupun menggunakan double-pan. masak selama kurang lebih 30 menit sampai bumbunya mengental, sambil sesekali dibalik dengan hati-hati agar ikan tidak hancur.

saat sudah matang, tampilan warnanya memang tak merah menggiurkan seperti sarden kalengan. tapi soal rasa, berani deh diadu!

2 comments:

  1. Mbak.....aku ada award untukmu, Smoga berkenan menerimanya yaa...
    Please check http://www.pawonomah.tk/2012/09/award.html

    love
    yunita

    ReplyDelete
  2. wah mantaf ne mba... kelihatannya praktis ,sederhana,namun menarik lidah..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...