16.11.12

hai hai fuyunghaiiii...



membayangkan fuyunghai ini rasanya nostalgia banget buat saya. karena sepertinya sudah jaraaaaaang sekali saya makan fuyunghai. masa-masa melahap fuyunghai adalah enam tahun lalu, saat saya masih kuliah S1. lokasinya adalah kantin fakultas ekonomi yang tampaknya sekarang sudah bukan kantin lagi.

kenapa selama enam tahun terakhir saya nyaris tidak pernah makan fuyunghai, ya karena saya bukan penggemar berat fuyunghai, hehe... dulu sih sering beli karena kadang bosan dengan menu-menu yang lain. tapi sekarang, mau beli fuyunghai kok males ya. rasanya kayak beli telur dadar doang (masa bikin telur dadar sendiri nggak bisa?)


kalau sudah begitu caranya, langsung tancap gas ke dapur deh. mari kita coba, toh bahan-bahannya sederhana, yakni:
- 3 butir telur
- 3 buah wortel, kupas, potong tipis memanjang, atau kalau males parut aja dengan parutan keju (+ enaknya ditambah kol, sayangnya lagi nggak punya stok)
- 2 batang daun bawang diiris
- garam dan lada
- 1 buah cabe merah, iris tipis (+cabe rawit kalau suka pedas)


daging ayam/udang juga oke dicampurkan ke dalam adonan fuyunghai. cincang kecil-kecil lalu tumis sebentar supaya pasti matangnya. tambahkan sedikit garam dan lada.


kalau sudah siap semua bahannya, ya tinggal cemplung-cemplung saja. kocok telur, masukkan semua bahan, aduk sampai rata.


selanjutnya, goreng di atas wajan datar dengan api sedang (cenderung kecil), supaya tidak gosong. kalau tidak suka terlalu oily, bisa juga dimasak dengan sedikit margarin saja.


sambil menunggu fuyunghai matang, kita bikin sausnya yang juga gampang. bahannya cuma kacang polong, bawang bombay, saus tomat, gula, garam, dan tepung maizena yang dilarutkan dalam sedikit air.

mula-mula tumis irisan bawang bombay dengan sedikit margarin. tunggu sampai harum lalu masukkan 5 sendok makan saus tomat, tambahkan segelas air (kalau mau lebih sedap, pakai air kaldu). beri gula, garam, lalu tambahkan larutan tepung maizena. kalau sudah mendidih, masukkan kacang polongnya. jadi deh...


begini doang. gampang kan? rugi deh beli telur dadar eh fuyunghai ini. mendingan juga bikin sendiri :)


ps. dimana ya mencari kacang polong kalengan yang produk lokal? saya kok cuma nemu kacang polong impor :(

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...